Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

DP Kota Bekasi Minta Sekolah Kedepankan Pendidikan Karakter Bagi Siswa Baru

Senin, 19 Juni 2023 | Juni 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:50:27Z


Ilustrasi


Lintas5.com, Kota Bekasi - Dewan Pendidikan Kota Bekasi meminta agar sekolah mengedepankan pendidikan karakter bagi siswa baru yang nantinya akan menempuh pendidikan di lingkungan belajar yang baru.


Seperti yang disampaikan langsung oleh Ketua Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Ali Fauzie, bagi sekolah yang saat ini melaksanakan PPDB secara online, pendidikan karakter mutlak dan wajib dikedepankan dalam proses pembelajaran siswa.


"Pendidikan karakter wajib dijalankan oleh sekolah terhadap siswanya, khususnya bagi mereka yang memasuki lingkungan belajar baru," tegas Ali melalui sambungan telepon kepada Lintas5.com, Senin (19/6/2023).


Ia juga menjelaskan, dengan nilai yang dimiliki calon siswa dari sekolah sebelumnya, hal tersebut nantinya bisa menjadi gambaran bagi sekolah baru tempat mereka melanjutkan pendidikannya, apakah sesuai atau tidak secara akademik terkait sikap serta perilaku siswa di sekolah, khususnya di lingkungan barunya.


"Jika nilai mereka atau angka-angka yang ditunjukan atau dimiliki bagus secara akademik, maka hal ini nantinya akan tampak dari karakter siswanya, jika pun tidak, maka akan menjadi bahan koreksi dan evaluasi bagi sekolah terhadap sekolah asal mereka," tegas Ali.


Pendidikan karakter bagi siswa baru tersebut, nantinya juga akan berdampak kepada perilaku mereka sehari-hari di sekolah.


Hal ini bisa menjadi sebuah cerminan yang baik jika dijalankan dengan baik pula. Oleh karena itu, Dewan Pendidikan Kota Bekasi berharap agar pendidikan karakter ini harus dijalankan dan diberikan dengan sebaik-baiknya.


"Jika dijalankan dengan baik, maka hal ini bisa menjadi cerminan keberhasilan dari pendidikan karakter yang diimplementasikan kepada siswanya di sekolah melalui beberapa aspek penilaian yang ada," tandasnya.(giri)