Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Cirebon Sebut Gegesik Creative Festival Upaya Lestarikan Seni Budaya

Sabtu, 24 Juni 2023 | Juni 24, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:55:58Z


Salah satu penampilan seni di acara Gegesik Creative Festival 2023.


Lintas5.com, Kabupaten Cirebon -- Bupati Cirebon, H. Imron mengajak masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya khususnya budaya Cirebon. Pasalnya, jika tidak dilestarikan, maka seni dan budaya tidak akan tumbuh. 


Hal itu dikatakannya saat membuka acara Gegesik Creative Festival di Alun-alun Gegesik, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon,  Jum'at (23/6/2023).


Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut diselenggarakan oleh Yayasan Weringin Jajar Gegesik. Selain menampilkan beberapa pertunjukan kesenian juga menyediakan bazzar UMKM.


"Semoga Gegesik menjadi pusatnya seni dan budaya di Kabupaten Cirebon. Saya berharap, masyarakat juga mendukung kegiatan seperti ini,"ucap Imron.


Menurutnya, dengan adanya festival ini, jiwa seni akan muncul dengan sendirinya. 


Sementara itu, Ketua Panitia Yayasan Weringin Jajar Gegesik, Heldi, dalam sambutannya  menceritakan, kegiatan serupa ini telah dimulai sejak tahun 2014 silam. 


Saat itu, kata Eldi, acara digelar secara swadaya, alasseni babad alas digelar. Namun, pada tahun ini berganti nama menjadi Gegesik Creative Festival, yakni menggabungkan antara seni dan pelaku UMKM. 


"Mudah-mudahan kita bisa terus merawat budaya sebagai zaman pembangunan semesta berencana. Jadi, jalannya pembangunan itu adanya pada budaya. Jika setengah-setengah memperhatikan budaya, maka tidak akan terlaksana," harap Heldi. (Fi)