Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pasca Hujan Badai Di Kab Kepahiang, Beberapa Titik Bencana Alam Teratasi

Selasa, 09 Mei 2023 | Mei 09, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:46:47Z
"Bencana dibeberapa titik wilayah Kepahiang"


Lintas5.com - Pasca terjadinya hujan badai dengan hembusan angin kencang yang terjadi di wilayah Kabupaten Kepahiang, usai sholat magrib Selasa Malam, berkisar pukul 6:30 Wib. Membuat beberapa titik bencana alam terjadi di wilayah Kabupaten Kepahiang. Diantaranya jalan longsor dan pohon tumbang di jalan lintas Kepahiang - Bengkulu, yang menyebabkan lalulintas mati total dengan kemacetan sepanjang 2 kilo meter. Baik daru arah Bengkulu menuju Kepahiang, maupun sebaliknya dari arah Kepahiang menuju Bengkulu. 

Kemacetan berlangsung 2 jam lamanya, dari kemacetan tersebut, Badan Penangulang Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepahiang, bersama TNI Polri berjibaku menyingkirkan matrial longsor dan pohon tumbang. Agar lalu lintas dari dua sisi kembali normal sperti biasanya.

Selain itu di lain lokasi, BPBD kepahiang mengimformasikan adanya bencana alam pohon roboh dan menimpa tiga tiang listrik di Desa Daspetah dua, tepatnya depan SMP 2 Ujan Mas Kepahiang. Awal kejadian, Pohon yang ada di sekolah tersebut, patah dan menimpa tiang terapo listrik, sehingga membuat dua tiang listrik dilokasi tersebut roboh semua, dan membuat penerangan di beberapa titik wilayah Kabupaten Kepahiang menjadi gelap gulita. Naasnya lagi, salah satu tiang listrik yang terbuat dari beton dengan ukuran cukup besar, roboh dan menimpa rumah warga yang tepat berada dibawah tiang tersebut. 

Namun dari dua lokasi kejadian tersebut, diperkirakan tidak ada korban jiwa yang terjadi. Sampai saat ini, Informasi didapat dari Supervisor Tehnik ULP PLN Cabang Kepahiang Rizaldi Siregar, untuk penerangan sudah kembali normal, walaupun masih ada yang masih mengalami padam listrik di beberapa lokasi.

"Untuk saat ini aliran listrik sudah masuk ke rumah-rumah warga. Walaupun ada di beberap titik wilayah yang masih mengalami pemadaman. Dikarenakan masih ada beberapa titik yang perlu perbaikan lagi", ungkap Rizaldi.

Sementara dengan adanya kejadian bencana alam yang terjadi. Kepala Dinas BPBD Kepahiang Taufik menjelaskan, pihaknya bersama TNI Polri dan ULP PLN Cabang Kepahiang bersama-sama berjibaku dalam menyelesaikan permasalahan yang terjadi akibat hujan disertai angin kencang. Untuk saat ini, lokasi beberapa titik bencana alam yang terjadi telah teratasi dan aliran listrik sudah mulai kembali normal, tim ULP PLN Cabang Kepahiang sejak terjadi bencana alam usai magrib sekitar 6:30 Wib hingga subuh berusaha keras untuk menormalkan kembali aliran listrik, agar masyarakat tidak kengalami gelap gulita.

" Untuk saat ini beberapa titik bencana sudah kita atasi, sedangkan aliran listrik sudah kembaki normal, walaupun ada beberapa titik yang masih perbaikan dan masih mengalami padam. Akan tetapi diusahakan hari ini selesai", terang Kadis BPBD Kepahiang Taufik.

Ia juga menambahkan, dengan kondisi cuacah exstrem saat ini, ia menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pemgendara yang melintasi area pegunungan maupun lokasi rawan longsor ataupun pohon tumbang. Untuk berhati-hati, jika perlu menunda perjalanan, menunggu cuacah kembali nomal baru melanjutkan perjalanan", tambahnya.(aa)