Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Update DTKS, Dinsos Bekali Operator Desa dan Kelurahan Dengan Aplikasi SIKS-NG

Minggu, 19 Maret 2023 | Maret 19, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:46:54Z
"Dinsos Bekali Operator Desa dan Kelurahan dengan Aplikasi SIKS-NG"



Lintas5.com - Dalam rangka pemutakhiran data kesejahteraan sosial yang menjadi dasar pemerintah dalam menyalurkan program perlindungan sosial masyarakat, Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang membekali operator desa dan kelurahan Sekecamatan Tebat Karai dengan aplikasi SIKS-NG. Pembekalan dan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation (SIKS-NG) kepada operator desa dan kelurahan ini dilakukan Dinas Sosial di kantor Kecamatan Tebat Karai pada Selasa 7 Maret 2023.


"Keberhasilan perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan ini tidak hanya dari banyak nyo program sosial saja. Data yang update, terverifikasi dan valid juga sangat menentukan," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang  Helmi Johan ,M.Pd saat membuka kegiatan pelatihan dan pembekalan operator SIKS-NG dikantor kecamatan Tebat Karai.


Lebih lanjut dia mengatakan, melalui aplikasi SIKS-NG, pendaftaran, pelaporan dan perubahan data warga masyarakat dapat dilakukan secara online dan terintegrasi secara nasional, sehingga semua bantuan perlindungan sosial baik PKH, BPNT, Kube dan lainnya lebih tepat sasaran.


"Aplikasi ini memuat DTKS dengan basis data berupa form dan variabel yang sangat lengkap, operator dapat menginput data terupdate yang selanjutnya menjadi basis data terpadu di kementerian dalam memberikan program perlindungan kepada masyarakat," jelas Helmi Johan.


Sementara itu, Camat Kecamatan Tebat Karai Renal Saputro,MP menyambut baik program pembekalan dan pelatihan aplikasi SIKS-NG kepada Operator desa dan kelurahan diwilayah kecamatan Tebat Karai.


" Data Ter up-date ini sangat penting, banyak sekali program dan bantuan dari pemerintah pusat yang kita amati tidak tepat sasaran karena menggunakan data yang lama. Melalui aplikasi ini harapan kita Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ini lebih up-date," harap Renal Saputro.

Dia berharap operator aplikasi SIKS NG desa dan kelurahan yang dibekali hari ini dapat mengikuti secara baik.


"Tolong benar-benar dipahami mulai dari login hingga input data, karena data yang kita masukkan terintegrasi di kementerian dan data ini menjadi pertanggungjawaban kita kepada masyarakat" pungkas camat Tebat Karai.


Diketahui semua desa dan kelurahan Sekecamatan Tebat Karai mengirimkan operator aplikasi SIKS-NG untuk mengikuti pembekalan dan pelatihan.
#tebatkarai.***