Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Ciamis Sebut ASN Tanpa Petani Tak Ada Apa-apanya

Senin, 03 Juli 2023 | Juli 03, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:54:18Z




Lintas5.com, Ciamis - Bupati  Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan, sektor pertanian dalam hal ini ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting sekali keberadaanya bagi keberlangsungan hidup manusia. 


Hal itu dikatakannya saat acara Peringatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke-51 Tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Halaman Stadion Atletik, Kelurahan Linggasari, Senin (3/7/2023). 


Menurutnya, jika sektor pertanian kokoh, maka ketahanan pangan akan kuat dan hal itu tidak akan lepas dari kontribusi dan perjuangan mereka para petani di Kabupaten Ciamis. 


"Ketahanan pangan merupakan hal yang sangat penting sekali, saya sendiri selaku Bupati atau pun Ketua KTNA, ASN kalau gak ada petani kita tidak ada apa-apanya," ucap Herdiat.


Oleh karena itu, kata dia, keberpihakan kepada para petani dari pimpinan OPD maupun pemerintah daerah pada khususnya harus betul-betul ditingkatkan. 

[cut]



Apalagi, lanjut Herdiat, Kabupaten Ciamis dianugerahkan keadaan alam yang luar biasa berupa air yang melimpah serta tanah yang subur pemberian sang pencipta. 


"Dalam mengoptimalkan kekayaan alam ini tentu harus ada upaya peningkatan SDM bagi para petani di Kabupaten Ciamis sehingga hasil yang akan diperoleh menjadi lebih maksimal dan lebih meningkat,"jelas Herdiat.


Meski begitu, dengan potensi yang ada saat ini Ciamis telah mampu berkontribusi luar biasa kepada negara salah satunya sebagai lumbung pangan nasional dan pensuplay ayam terbesar ke dua nasional. 

[cut]



"Maka dari itu petani harus bersatu padu, bahu-membahu untuk sama-sama bangkit terlebih setelah tiga tahun kita dilanda pandemi," ungkapnya. 


Lebih lanjut, Herdiat menyampaikan, anugerah penghargaan di bidang pertanian yang diberikan oleh Presiden pada hakikatnya milik seluruh petani di Kabupaten Ciamis. 


"Jangan salah arti, Satya Lancana Wira Karya pertanian bukan untuk Bupati,  yang berhak adalah bapa ibu sekalian para pejuang pertanian di Kabupaten Ciamis," pungkasnya. 


Sementara itu, Ketua Umum KTNA Nasional Mohammad Yadi Sofyan Noor mengatakan bahwa Hari Krida Nasional merupakan hari bersyukurnya para petani dan hari dimana para petani menghasilkan produk-produk pertaniannya sebagai penyangga pangan di negeri ini. 

[cut]


Ia pun turut mengapresiasi atas penghargaan yang diterima oleh Bupati Ciamis dari Presiden RI di bidang pertanian, menurutnya penghargaan tersebut merupakan prestasi Bupati atas keberhasilanya membangun pertanian di Kabupaten Ciamis. 


Sementara itu, Ketua KTNA Jawa Barat Otong Wiranta menambahkan bahwa sektor pertanian menjadi tumpuan pada saat terjadi pandemi dan disaat pertumbuhan ekonomi di sektor lain mengalami penurunan. 


"Pertanian adalah sektor yang berdiri kokoh meskipun beberapa waktu yang lalu kurang lebih 3 tahun kita di bantai Covid-19 dan beberapa saat ini dampak perang Rusia Ukraina, sektor pertanian tetap berkembang bahkan terjadi kenaikan ekspor di sepanjang tahun 2022 hingga 2023," Paparnya. 


Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan meninjau Stand Pameran hasil pertanian KTNA Kecamatan se- Kabupaten Ciamis dan Stand Pameran Produk unggulan lainnya.(edo)