Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

81 Pasangan Ikuti Nikah Itsbat, Bupati Ciamis Ingatkan Pentingnya Legalitas Pernikahan

Kamis, 06 Juli 2023 | Juli 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:54:18Z


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berpose bersama peserta nikah itsbath.


Lintas5.com, Ciamis- Sebanyak 81 pasangan dari 17 kecamatan mengikuti  acara Itsbat Nikah Terpadu pada Kamis 6 Juli 2023. Acara tersebut masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Ciamis ke-831.


Acara yang digelar di Aula Kodim 0613 Ciamis itu dihelat oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) bekerjasama dengan Pengadilan Agama Ciamis, Kodim 0613 Ciamis dan Kementerian Agama Kabupaten Ciamis.


Bupati  Ciamis Herdiat Sunarya yang turut hadir menyatakan, pentingnya legalitas pernikahan secara negara.


“Karena betapa pentingnya legalitas pernikahan secara Negara, karena ini sangat berpengaruh sekali kepada generasi penerus bapa-Ibu peserta sidang itsbat,”ujarnya.


Herdiat mengungkapkan rasa bahagianya juga mendoakan kepada para peserta, mudah-mudahan dalam mengawali rumah tangga yang baru dapat menjadi keluarga yang sakinah mawadah warohmah.


“Intinya saya bahagia sekali hari ini bisa bersilaturahmi menyaksikan bapak ibu yang telah melaksanakan nikah itsbat di kantor Pengadilan Agama,”jelasnya.


Herdiat meminta kepada Sekda Ciamis H. Tatang, agar tahun depan mengalokasikan anggaran untuk nikah itsbat.


“Kedepan pak Sekda tolong anggarkan untuk nikah itsbat, kalau ada masyarakat yang perlu nikah secara negara dianggarkan agar lebih leluasa,”tegasnya.


“Paling tidak hak-hak masyarakat Ciamis yang belum memiliki administrasi pernikahan  secara negara akan berkurang,”pungkasnya.


Sebelum dimulainya acara Para pengantin yang mengikuti nikah itsbat terpadu juga melakukan konvoi bersama jajaran Kodim 0613 Ciamis dan tamu undangan lainnya.


Hadir pada kesempatan tersebut unsur Forkopimda Ciamis, Ketua TP-PKK Sekretaris Daerah, Kepala OPD terkait, Ketua Pengadilan Agama, Kepala Kemenag dan tamu undangan lainnya.(edo)