Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong Temanggung Yang Super Keren

Minggu, 11 Juni 2023 | Juni 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-12T11:42:18Z

Objek wisata posong berada di desa Tlahab, kecamatan Kledung, Temanggung. Berada di wilayah Posong

Lintas5.com - Kota Temanggung adalah salah satu kota yang memiliki dua gunung cantik, yaitu gunung Sindoro dan gunung Sumbing. Biasanya orang orang menyebut kedua gunung ini dengan sebutan gunung kembar. Mungkin karena dilihat kedua gunung ini sejajar dan memiliki ketinggian yang hampir sama membuat masyarakat menyebutnya sebagai gunung kembar.  Padahal kalau dilihat dari dekat kedua gunung ini nampaklah sangat berbeda.

Dilihat dari bentuknya Sindoro lebih berbentuk kerucut sedangkan Sumbing lebih melebar. Dari puncak kedua gunung ini juga berbeda. Sumbing dipuncaknya terdapat kawah yang menandakan gunung ini pernah meletus, sedangkan Sindoro berbentuk kerucut seperti Merapi. Tapi menurut informasi kedua gunung ini pernah sama sama meletus, dan sampai sekarang kedua gunung ini masih berstatus aktif dan masih beristirahat.

Berbicara masalah dua gunung ini alangkah lebih baik kalau melihatnya langsung dari dekat. Di salah satu daerah di Jawa Tengah tepatnya di daerah Temanggung ada tempat yang pas dan nyaman untuk memandangi kedua gunung ini. Objek wisata ini memang tidak jauh beda dengan objek wisata Ketep Pass di Magelang atau New Selo di Boyolali. Sama sama mengangkat tema mengenai view, atau menikmati pemandangan pegunungan. Objek Wisata Lembah Sindoro Posong.

Kata Posong mungkin akhir akhir ini menjadi trend dan hits. Banyak para pengunjung datang jauh jauh dari luar kota hanya untuk menikmati keindahan alam dan kesejukan yang ada disini. Sebenarnya objek wisata ini adalah objek wisata yang mengangkat tema sunrise, alias view matahari terbit. Tapi tidak ada salahnya jika ingin berkunjung saat siang hari.

Lokasi objek wisata Posong Sunrise Adventure

Objek wisata posong berada di desa Tlahab, kecamatan Kledung, Temanggung. Berada di wilayah Posong

Rute untuk menuju kemari juga tidak sulit. Yang pertama melalui rute Parakan dengan melalui jl.Ajibarang  Secang kemudian melalui jl. raya Parakan Wonosobo lurus terus dan perhatikan papan informasi atau spanduk pinggir jalan mengenai Posong. Memang agak susah juga karena gapuranya terlihat seperti gang biasa. Namun jangan khawatir karena sudah ada papan penunjuk arahnya.

Gapura posong berada di kanan jalan. Kemudian melalui rute Wonosobo dari alun alun Wonosobo ambil arah ke jl. Ajibarang Secang dan pas di pasar Kretek ambil arah menuju Temanggung, lurus saja terus hingga sampai gapura Posong di kiri jalan. Kedua rute tersebut adalah rute termudah.

Dari kedua rute diatas jalanan yang akan pengunjung lewati berupa jalanan beraspal naik turun serta berkelok tajam. Pastikan kendaraan dalam kondisi fit dan prima saat hendak berkunjung kemari. Jalanan juga sudah oke, halus, mulus dan nyaman dilewati. Untuk menuju kemari pengunjung bisa menggunakan sepeda, sepeda motor, mobil pribadi, mini bus, dan truk.

Setelah memasuki gapura pengunjung harus membayar tiket masuk terlebih dahulu. Harga tiketnya juga sangat terjangkau. Hanya dengan Rp.7.000/orang + parkir sepeda motor Rp.1.000 sedangkan mobil Rp.5.000 pengunjung bisa sepuasnya meng-explore lembah wisata alam sindoro.

Jangan bernafas lega dulu karena pengunjung harus kembali melanjutkan perjalanan sejauh 3,5 Km lagi ke atas agar bisa sampai ke lokasi tujuan. Perjalanan sejauh itu rata melewati jalan menanjak, berkelok, dan berbatu. Batu batu ini sudah disusun rapi sedemkian rupa layaknya aspal supaya tidak membahayakan para pengguna jalan. Meski begitu para pengendara sepeda motor tetap fokus dan berhati hati saat melewati jalur ini.

Selama perjalanan para pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan panorama gunung Sindoro dan di sebelah kiri ada gunung Sumbing sehingga perjalanan terasa mengasyikan dan tidak membosankan. Selain pemandangan pegunungan, pemandangan berupa perkebunan kopi dan sayur sayuran akan menambah warna warni perjalanan. Walaupun melewati trek yang extream sejauh 3 Km pasti tidak terasa kalau pemandanganya sip dan bikin nyaman.

Wisata Alam Posong Temanggung

Pemandangan wisata alam lembah Sindoro Posong di Temanggung

Setelah memarkirkan kendaraan kini pengunjung bisa langsung meng-explorasi sesisi objek wisata posong. Banyak view yang menarik disini, jadi jangan khawatir kehabisan tempat saat berkunjung kemari. Bagi para pengunjung tetap menjaga kesopanan ya, dengan tidak menginjak injak tanaman para petani. Maklum saja disekitar objek wisata posong berupa area perkebunan.

Di atas sini bukan hanya gunung Sindoro dan Sumbing saja yang bisa dinikmati para pengunjung, jajaran pegunungan lain seperti gunung Merbabu, Merapi, dan Ungaran akan nampak berdiri gagah menjulang keatas. Jika cuaca sedang cerah kesemua gunung di sini akan terlihat jelas dan membuat para pengunjung betah berlama lama disini.

Wisata Alam Lembah Sindoro Posong - Temanggung

Melihat keindahan gunung Sumbing dari Posong

Berbicara masalah posong mungkin banyak yang belum tahu apa arti kata posong itu sendiri. Posong dalam bahasa Indonesia artinya adalah POs kosoNg. Kenapa dinamakan demikian ?? dalam blog Posong Temanggung dijelaskan dahulu kala pada saat jaman peperangan Belanda pasukan Diponegoro bersembunyi di pos di lereng gunung tepatnya di daerah Tlahab yang diberi nama "pos". Akhirnya keberadaan persembunyian pasukan Diponegoro mulai diketahui oleh para pasukan Belanda.

Dan para pasukan Belanda memutuskan untuk menyerang pos tersebut. Namun para pasukan Diponegoro sudah mengetahui tentang penyerangan itu dan kabur meninggalkan pos. Para pasukan Belanda yang hendak menyerang hanya mendapati pos yang kosong, maka dari itulah pihak pengelola wisata menamakanya pos yang kosong. Atau istilah kerenya Posong. Ternyata selain wisata alam yang indah disini menyimpan sejarah yang menarik dan pemberian nama yang menarik juga.

Gunung Sindoro Dari Posong - Temanggung

Pemandangan gunung Sindoro dari Posong

ika di bawah pengunjung melihat kegagahan gunung Sumbing di atas pengunjung bisa melihat kegagahan gunung Sindoro. Dengan berkunjung ke wisata posong seolah olah pengunjung sedang berwisata di daerah tengah tengah gunung Sindoro dan Sumbing. Dari lokasi parkir para pengunjung bisa meneruskan perjalanan ke atas.

Diatas sudah ada beberapa gazebo yang nyaman sebagai tempat melepas lelah setelah melewati trek yang menegangkan. Jika para pengunjung merasa lapar dan haus disini juga sudah ada beberapa kantin / warung makan, apalagi kalau membeli camilan berupa gorengan dan kopi hangat sambil menikmati keindahan pegunungan. Dijamin, rasa lelah setelah menempuh perjalanan yang extra serasa hilang. Selain itu fasilitas umum apalagi ya yang ada disini ?

  1. Mushola
  2.  Toilet
  3. Outbond
  4. Trekker

Selain fasilitas umum diatas adapun paket wisata menarik lain seperti turun tebing, flying fox, trekking, jembatan Aldewis, paket wisata budaya, dan lain sebagainya.

Banyak para pengunjung yang sengaja datang awal atau bahkan menginap di sekitar Lembah Sindoro Posong hanya untuk melihat keindahan sunrise. Dilihat dari nama titlenya saja sudah terlihat jelas kalau wisata ini adalah wisata alam berupa view sunrise. Maka dari itu para pengunjung yang hendak kemari diusahakan datanglah sebelum matahari terbit, supaya bisa melihat langsung keindahan sunrisenya.