Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Trinusa Kutuk Keras Pabrik Semen Kabupaten Bekasi

Jumat, 16 Juni 2023 | Juni 16, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-22T18:01:36Z


Bekasi - Dalam menjalankan tupoksinya, LSM Trinusa mendapatkan temuan adanya pabrik semen yang berada dilingkungan penduduk dan tidak sesuai dengan zonasi yang bukan peruntukannya.


Menanggapi hal tersebut, Ketua Umum LSM Trinusa H. Rahmat Gunasin mengutuk keras adanya pabrik semen PT Gunung Raja Paksi yang beroperasi di tengah kepadatan masyarakat.


"Kami sebagai pemerhati lingkungan dan sosial budaya, sangat mendukung adanya pabrik pabrik dan investor investor masuk datang beroperasi di kabupaten Bekasi, Namum perlu kita ketahui kalau untuk semen perlu kita kaji ulang deh. Maka dari itu kami menanyakan siapa yang berani menerbitkan izin perusahaan semen disitu," Tutur Haji Biksu sapaan akrabnya, Jumat (16/06/23)


Ditempat yang sama Amrul Mustofa selaku Dewan Pakar LSM Trinusa mengatakan bahwa isu lingkungan bukanlah isu baru dalam hidup bermasyarakat, namun tidak sedkit tanda tanya yang bermunculan dalam masyarakat untuk merespon isu-isu tersebut. 


"Lingkungan baik dalam makna alam maupun keadaan sosial dan ekonomi secara disadari maupun tidak memiliki sesuatu keterikatan yang cukup erat, di mana manusia sebagai masyarakat sosial akan saling mempengaruhi satu sama lain yang akan berdampak pada perubahan lingkungan baik itu alam, keadaan sosial, serta ekonomi yang ada disekitarnya,"Tutur Amrul Mustofa dalam 


Dirinya menyebut, salah satu isu yang sangat rentan saat ini adalah isu lingkungan dalam artian alam sebagai tempat naungan masyarakat. Telah banyak masyarakat yang menyadari permasalahan ini dan pemilik inisiatif untuk berkontribusi menjawab permasalahan tersebut, baik secara individu maupun dalam suatu wadah organisasi. 


"Banyaknya pabrik yang dibangun saat ini bukan hanya memberikan sumber pendapatan bagi masyarakat sekitarnya namun pabrik juga bisa mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Pabrik didirikan untuk memberikan kesempatan kerja penduduk malah menimbulkan masalah lingkungan yang serius. Timbulnya masalah lingkungan ini berakibat bagi kesehatan penduduk disekitarnya," Tegas Amrul Mustofa. (GL)