Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Seru, Pemilihan RT 05/ 01 Kota Baru Dikemas Seperti Pilkada

Minggu, 11 Juni 2023 | Juni 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:50:27Z


Panitia Pemilihan RT 05/01 Kota Baru Bekasi Barat saat menghitung suara para calon Ketua RT layaknya Pilkada.


Lintas5.com, Kota Bekasi- Pemilihan Ketua RT 05 RW 01 Kota Baru Kecamatan Bekasi Barat digelar layaknya pemilihan umum (Pemilu) pada Minggu (11/6/2023).


Panitia pelaksana pemilihan sebelumnya sudah membuka pendaftaran bakal calon ketua RT, lalu dilanjutkan dengan pengambilan nomer urut calon ketua RT.


Kemudian pada pelaksanaan pemilihan, panitia sudah menyiapkan bilik  suara lengkap dengan kotak suara nya.


Pemilih berjumlah 145 suara dimana satu KK (kartu keluarga) memiliki satu suara saja. Panitia pun memanggil satu persatu pemilih yang membuktikannya dengan membawa KK, setelah mencoblos kemudian memasukannya ke dalam kotak suara.

[cut]


Setelah dipastikan semua pemilik suara sudah semua menggunakan hak pilihnya. Sejam kemudian Panitia pun menghitung kertas suara.


Suasana riuh saat panitia menyebut masing-masing kandidat ketua RT yang memperoleh suara. Kemudian setelah usai menghitung suara sah. Pemenang pun dikremasi oleh warga dengan guyuran air bahkan ada yang mengguyur pakai segelas kopi.


Namun hal itu tidak membuat ketua terpilih marah. Justru membiarkan dirinya basah kuyup. Bahkan setelah itu diarak keliling kampung dengan diiringi rebana yang dimainkan  anak-anak remaja.


Ketua RW 01 Kelurahan Kota Baru Kecamatan Bekasi Barat Asmawi menyebut proses pemilihan di RT 5 cerminan demokrasi di tingkat bawah. Dia menyatakan pemilihan tersebut bisa dibilang sebagai latihan untuk pesta demokrasi di tahun 2024 yakni Pilpres, Pileg, Pilkada.

[cut]


"Kita berharap siapapun yang terpilih bisa menjaga kondusifitas di lingkungannya. Jadi warga yang sudah memilih juga harus membantu ketua RT yang sudah terpilih secara sah dan demokratis,"harap Asmawi. Sabtu (11/6/2023).


Sementara itu, Anggota DPRD Kota Bekasi H.Bambang menyebut pihaknya hanya menyaksikan dan memastikan proses pemilihan berjalan demokratis dan damai.


"Kita berharap warga di RT 05/01 ini bisa terus kompak dan guyub. Siapapun yang terpilih harus merangkul semua,"tandas politisi asal PPP ini yang ikut hadir di acara tersebut.


Senada dikatakan, Heikal Safar yang juga hadir di acara tersebut. Dirinya mengucapkan selamat dan terima kasih bagi warga RT 05 RW 01 Kota Baru sudah memberi contoh bagaimana demokrasi bisa juga berlangsung dengan lancar dan damai.

[cut]


"Semoga ketua RT terpilih bisa menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Dan selamat buat warga RT 05/01 Kota Baru yang sudah mencontohkan bagaimana berdemokrasi secara damai,"pungkasnya.(*)