Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Musim Kemarau, Banyak Biawak Yang Bermunculan di Pemukiman Warga

Selasa, 13 Juni 2023 | Juni 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:50:27Z


Petugas Damkar Kota Bekasi sedang mengevakuasi biawak dari permukiman warga


Lintas5.com, Kota Bekasi - Kemarau panjang yang terjadi di Kota Bekasi, mengakibatkan banyak hewan liar bermunculan di area pemukiman warga, salah satunya biawak.


Seperti penuturan salah seorang warga di Jalan Padat Karya, RT02, RW06, Kelurahan Durenjaya, Kecamatan Bekasi Timur, sejumlah penampakan biawak yang muncul secara tiba-tiba dari tanah kosong yang berada di dekat tempat tinggalnya.


"Kemarin saya sempat melihat ada biawak yang muncul tiba-tiba dari lokasi tanah kosong dan sempat masuk ke rumah warga, biawaknya cukup besar," kata Rafifah, Selasa (13/6/2023).


Selain itu, kata dia, dirinya juga sempat melihat binatang melata tersebut tengah berjemur di tengah jalan.


"Ada yang lagi berjemur, bahkan tadi pagi saya melihat biawaknya menyeberang ke jalan raya," jelasnya.


Terkait penampakan biawak tersebut, Petugas Damkar Kota Bekasi, Eko Uban mengatakan, kemunculan biawak di pemukiman warga dikarenakan habibat asli hewan melata tersebut sudah rusak. Selain itu, rantai makanan seperti tikus yang biasa dimakan oleh binatang tersebut, juag mulai jarang ditemukan.


"Biasanya kemunculan biawak tersebut dikarenakan habibatnya yang sudah mulai rusak dan makanan yang mereka konsumsi mulai jarang ditemukan, jadi mereka lari ke pemukiman warga untuk mencari sumber manakanannya," ujar Eko.


Eko pun mengimbau kepada warga, selain mewaspadai kemunculan biawak, warga juga diminta waspada kemunculan ular di tempat tinggal mereka.


"Kalau biawak cukup dibentak pakai suara, dia langsung kabur dan yang patut diwaspadai juga kemunculan ular. Jadi, jika melihat hewan tersebut dan membutuhkan proses evakuasi, hubungi kami petugas Damkar," pungkasnya.(giri)