Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Harga Kopi Naik, Produksi Buah Kopi Di Kepahiang Berkurang

Sabtu, 20 Mei 2023 | Mei 20, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:48:12Z
"harga kopi di Kepahiang naik"


Lintas5.com - Masyarakat Kabupaten Kepahiang yang sebagian besar petani kopi. Usai hari raya Idul Fitri 1444 Hijriah di kejutkan sekaligus gembira, lantaran komoditi yang menjadi andalan masyarakat Kabupaten Kepahiang yaitu kopi. Mengalami kenaikan harga, dari bulan lalu harga biji kopi di setiap pengepul hanya Rp 28000 hingga Rp 29000 ribu rupiah perkilonya, kini naik menjadi Rp 32000 ribu rupiah perkilonya. Hal tersebut dengan katagori biji kopi yang super.


Wakil Bupati Kepahiang Zurdi Nata, yang di ketahui salah satu pengusaha pengepul biji kopi terbesar di Kabupaten Kepahiang mengungkapkan. Kenaikan harga kopi saat ini, lantaran hasil buah kopi yang ada di Provinsi Bengkulu khususnya Kabupaten Kepahiang, bahkan global berkurang. Hal tersebut dikarenakan, kebanyakan batang kopi yang belum di lakukan peremajaan oleh petani. Sehingga buah kopi yang dihasilkan berkurang, karena batang atau pohon kopi sudah tua.


"Harga kopi terus naik hingga saat ini mencapai 32000 ribu rupiah perkilo. Tapi buah kopi saat ini, Kabupaten Kepahiang khusunya mengalami kurang buah. Karena tidak ada peremejaan yang dilakukan oleh petani kopi", jelas Wabup.


Ia berharap, petani kopi khusunya Kabupaten Kepahiang, melakukan peremajaan. Agar kopi Kabupaten Kepahiang kualitasnya terjaga dan hasil buah kopi meningkat.(aa)