Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pertayakan Haknya, Ratusan Kades Di Kepahiang Serbu Kantor Bupati

Selasa, 11 April 2023 | April 11, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:46:51Z
"ratusan kades se-Kab Kepahiang Datangi kantor Bupati"


Lintas5.com - Belum mendapatkan kejelasan terkait pencairan Anggaran Dana Desa (ADD). Ratusan kepala desa se-Kabupaten Kepahiang Selasa (11/04/2023) pagi, berbondong-bondong mendatangi kantor kantor Bupati Kepahiang. 


Kedatangan 105 Kepala Desa se-Kabupaten Kepahiang ke kantor bupati. Mempertanyakan sekaligus menuntut haknya yaitu gaji para kades dan perangkatnya yang selama tahun 2023 ini belum ada kejelasannya untuk dibayarkan. Apalagi saat ini kondisi para kepala desa dan perangkatnya hendak menghadapi hari raya idul fitri.


Aksi para kepala desa mendatangi kantor bupati dipimpin langsung oleh Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kepahiang. Kedatangan seluruh Kepala Desa tersebut, disambut langsung Oleh Wakil Bupati Kepahiang, Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Badan Keuangan Daerah Kabupaten Kepahiang. Karena Bupati Kepahiang sedang tidak berada di Kabupaten Kepahiang.


Adi Kustian Selaku Ketua APDESI Kabupaten Kepahiang menjelaskan, kedatangan ratusan kepala desa ke kantor Bupati Kepahiang, untuk menuntut hak para kades dan perangkat desa yang selama tahun 2023 berjalan ini belum dibayarkan.


"Kami datang ke sini kantor Bupati Kepahiang untuk mempertanyakan hak kami. Sebenarnya Ada tiga poin yang kami tuntut hari ini. Pertama adalah gaji yang belum dibayarkan selama 4 bulan terakhir. Siltap yang kurang karena hanya dicairkan 10 bulan serta pemotongan dana desa yang tidak sesuai ajuan", ungkap Adi.


Dalam pertemuan yang cukup menegangkan, ahirnya seluruh kepala desa se-Kabupaten Kepahiang mendapatkan haknya dengan dibayarkan gaji selama 3 bulan dari 4 bulan yang harus dibayarkan, baik kepala desa maupun perangkat desa.(aa)