Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

20 KPM Desa Tertik Terima BLT Kemiskinan Ekstrem

Kamis, 06 April 2023 | April 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:46:51Z
Gelar Musyawarah Pra Pelaksanaan Pembangunan dan Salurkan BLT DD, Kades Tamrin: Gunakan Bantuan Untuk Kebutuhan Pokok, Yang Sakit Untuk Berobat, Yang Yatim Piatu Untuk Biaya Sekolah.


KEPAHIANGNEWS.COM - Penerima Bantuan langsung Tunai (BLT) Kemiskinan ekstrim diminta bijaksana dalam pemanfaatannya, gunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok, yang sakit untuk bantuan berobat dan yang yatim piatu untuk tambahan biaya sekolah. Hal tersebut dikatakan Kepala Desa Tertik Tamrin saat menyampaikan sambutan pada musyawarah pra pelaksanaan pembangunan jalan rapat beton dan penyaluran BLT Kemiskinan ekstrim di Balai desa Tertik Kecamatan Tebat Karai Kamis (6 April 2023).

"Hari ini kita salurkan BLT Kemiskinan ekstrim kepada 20 KPM sesuai hasil Musdes beberapa waktu yang lalu. Ini yang bisa kita berikan untuk membantu warga dengan ruang sebesar 10-25 persen Dana Desa yang diatur oleh pemerintah pusat,kriterianya ada yang lansia, sakit menahun, KK Tunggal dan Yatim Piatu," kata Tamrin.

Dia menambahkan, sebagai transparansi, tahun 2022 kita bisa alokasikan hingga 40 persen sehingga dapat mengakomodir hingga 79 penerima. Tahun ini sesuai aturan perundangan kita hanya bisa mengalokasikan untuk 20 KPM.

"Jadi jika tahun kemarin dapat dan tahun ini tidak, hal tersebut bukan karena suka atau tidak suka, tapi aturan undang-undang yang mengatur itu," jelasnya.

Selain itu Tamrin juga berharap pembangunan jalan rabat beton yang direalisasikan dapat bermanfaat dalam peningkatan produksi pertanian yang secara langsung dapat juga meningkatkan perekonomian.

"Jalan rapat beton yang dimulai pembangunan nya ini merupakan tanggungjawab pemerintah desa dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian," kata Tamrin.

Sementara itu Camat Tebat Karai Renal Saputro,MP dialokasi kegiatan berharap bantuan yang diberikan dapat memberikan rasa nyaman masyarakat memenuhi kebutuhan pokok menghadapi idul Fitri.

"BLT sebesar 900 ribu yang bapak ibu terima merupakan upaya dalam pemulihan ekonomi yang saat ini sedang tidak baik. Hasil tani kita kurang, adanya bantuan ini saya harap dapat sedikit memberi rasa nyaman dalam menghadapi idul Fitri," Kata Camat Tebat Karai.

Dia juga meminta TPK dan KTD yang melaksanakan pembangunan jalan dapat memberdayakan warga sekitar dan tertib administrasi.

"Ini kegiatan perdana di Kecamatan Tebat Karai,  Semua yang menyangkut kelengkapan dan administrasi tolong diperhatikan. Terkait pembangunan dalam rangka pemberdayaan masyarakat kita berharap dapat melibatkan tenaga kerja lokal desa," pungkas Camat Tebat Karai.

Diketahui, Desa Tertik mengalokasikan kegiatan pembangunan jalan rabat beton sepanjang 257 Meter menggunakan dana desa dengan nilai pagu Rp 243.000.000 sesuai RKPDes dalam APBDes Tertik Tahun Anggaran 2023.

Untuk diketahui hadir dalam musyawarah pra pelaksanaan pembangunan dan penyaluran BLT Kapolsek Tebat Karai IPTU Dody Hariyala,SH, Danpos Ramil 409-10/BI Sertu Dewa, Ketua BPD dan Anggota, Sekcam dan Kasi PMD Kecamatan Tebat Karai, Pendamping Lokal Desa, Babinkamtibmas dan Undangan Lainnya.(aa)