Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Mengintip Kegiatan Mahasiswa Thailand di Bina Insani University Kota Bekasi

Jumat, 21 Juli 2023 | Juli 21, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:50:45Z


Dua mahasiswa asal Thailand berposes bersama mahasiswa Bina Insani University Kota Bekasi.


Lintas5.com, Kota Bekasi - Thidathip Sinthasut dan Supanya Praneechat dari Minburi Vocational Industrial Community Educational College, Thailand adalah mahasiswa yang sedang mengikuti program pertukaran mahasiswa antar negara. 


Kedatangan mereka ke Indonesia. Kegiatan yang merupakan kali pertama dan tempat pertama yang mereka kunjungi adalah Bina Insani University Kota Bekasi.


Dekan Fakultas Informatika Bina Insani University, Rita Wahyuni Arifin menuturkan, selama 7 hari sebagai mahasiswa asing Bina Insani University keduanya mengikuti sejumlah kegiatan. Mulai dari belajar budaya dan bahasa Indonesia dan mengenalkan budaya dan bahasa Thailand kepada sivitas akademika Bina Insani University.


"Program ini merupakan kegiatan implementasi Nota Kesepahaman dan Nota Aksi dengan beberapa college Thailand atas prakarsa SEAMEO QITEP in Science," tuturnya, Kamis (20/7/2023).

[cut]



Dijelaskannya, bentuk kerjasama yang dikembangkan adalah student exchange program dalam rangka pertukaran Budaya dan Bahasa, pengembangan Metaverse Project, dan technopreneurship.


Rita menjelaskan, kunjungan dua mahasiswa asal Thailand ini merupakan kunjungan balasan dimana sebelumnya selama 1 bulan pada periode Juni-Juli 2023 lalu, tiga mahasiswa Bina Insani University, yakni Firli Juli Prayitno dan Rizky Putri Atikah dari program studi Sistem Informasi serta Fifi Jayanti Gea dari program studi Manajemen Administrasi Bina Insani University, juga mengikuti program serupa. 


"Selama 1 bulan di Thailand, mereka memberikan sharing kepada mahasiswa yang ada disana tentang penerapan teknologi metaverse dan technopreneurship dan pengenalan budaya serta bahasa Indonesia," paparnya.


"Oleh karena itu sekarang mahasiswa dari Thailand berkunjung ke Indonesia selama 1 bulan untuk sharing belajar tentang Bahasa dan Budaya Indonesia," jelas Rita menambahkan.

[cut]


Turut mendampingi kedua mahasiswa asing tersebut, Kristiana Widiawati, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bina Insani University menyampaikan bahwa para mahasiswa sangat antusias menerima teman baru mereka. 


"Semoga muncul sikap saling menghargai dalam keberagaman lintas budaya," harap Kristiana. 


Di Bina Insani University, kata Kristiana mereka hanya belajar selama tujuh hari dari 9-15 Juli 2023. Setelah itu, mereka juga akan mengunjungi sejumlah perguruan tinggi dan sekolah di Indonesia yang telah bekerjasama dengan Minburi Vocational Industrial Community Educational College, Thailand.


Melalui program, baik Rita maupun Kristiana berharap antara kedua belah pihak dapat meningkatkan kerjasama tentang pertukaran budaya, bahasa serta teknologi. 


"Sehingga dampaknya berupa peningkatan mutu pendidikan melalui kerjasama internasional serta peningkatan akreditasi," pungkasnya.(giri)