Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pantai Ngebum, Destinasi Wisata Lama di Kaliwungu

Rabu, 14 Juni 2023 | Juni 14, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-14T03:30:00Z
Pantai Ngebum

Lintas5.com - Capek maen kesana kemari lupa sama destinasi wisata yang ada di daerah sendiri. Wah wah sungguh terlalu. Kali ini saya mencoba untuk berkunjung ke lokasi wisata yang lokasinya nggak jauh-jauh amat sih dari rumah, paling 40 menit sampai.

Objek wisata Pantai Ngebum ini termasuk objek wisata lama loh sob. Buktinya dari jaman saya kecil sampai segede ini masih tetep eksis dan ramai dikunjungi para wisatawan dalam maupun luar kota. Hloh nggak luar negri mas? Ya doain aja ya sob.

Sekilas Mengenai Objek Wisata Pantai Ngebum

Pantai ngebum merupakan salah satu pantai yang ada di daerah Kaliwungu Utara, tepatnya berada di desa Mororejo, kabupaten Kendal. Pantai ini semakin lama semakin didekorasi sedemikian rupa agar lebih menarik lagi, sehingga pengunjung yang datang kesini semakin ramai saja hloh sob.

Tidak hanya dari daerah sekitar Kaliwungu saja yang memilih pantai ini untuk dijadikan sarana wisata saat liburan atau akhir pekan tapi kini pantai ini mulai dilirik para wisatawan dari luar Kendal.

Rute dan Medan Menuju Wisata Pantai Ngebum

Untuk menuju kesini nggak begitu susah kok sob, jika kamu dari arah Kendal setelah alun alun Kaliwungu (pasar sore) maju lagi kira kira 300 meter nanti akan ada jalan agak besar di sebelah kiri jalan, masuk saja dan terus saja lurus nanti kamu akan sampai sendiri. Jika kamu dari arah Semarang dari terminal Mangkang ambil arah yang ke Kaliwungu, setelah kurang lebih 2 Km tepatnya setelah puskesmas Kaliwungu masuk ke jalan yang agak besar di kanan jalan. Masuk saja terus lurus.

Nanti kamu akan sampai sendiri kesana. Jalan yang agak besar itu biasa disebut dengan Kalibendo. Jadi kalau nanti kamu bingung, cari saja alun-alun pasar sore kemudian tanya sama orang sekitar jalan mau ke pantai ngebum itu kemana? pasti pada banyak tahu deh sob. Untuk menuju kesini kamu dapat menggunakan sepeda, sepeda motor, mobil, mini bus, atau truk.

Terus akses jalanya gimana mas? Jalan menuju kesana cukup baik ya, meski ada beberapa lubang namun nggak terlalu banyak dan parah, Ohh ya karena ini masih satu arah dengan salah satu pabrik yang lokasinya dekat pantai ngebum jangan heran pas kamu kesini ketemu dengan truk-truk besar atau bus besar.

Jadi begini sob, nanti sebelum kamu masuk ke lokasi Pantai Ngebum akan ada pos penjaga, ehh bukan, tiket masuk maksudnya. Disini kita perlu mengeluarkan uang Rp.3.000/ orang saja. Murah kan? Ini hari biasa, kalau hari libur kurang tau juga apakah naik atau tetap. Kemudian kalau udah masuk silahkan cari loakasi parkir yang nyaman. Untuk biaya parkir sepeda motor hanya dikenakan Rp.2.000/ unit saja. Gimana sob, masih terjangkau bukan? Dan yang terpenting karcis parkirnya jangan dibuang ya sob soalnya nanti pas mau pulang ditagih lagi.

Akses dan Tiket Masuk Pantai Ngebum Kaliwungu Kendal

Setelah sampai di lokasi silahkan ya kamu bebas mencari tempat yang menurut kamu enak dan nyaman buat menikmati keindahan pantai. Mas, itu sudah disediakan tempat bersantai juga ya? Wah enak dong? Iya emang udah sih sob, tapi menurut informasi kalau kamu duduk atau berbaring di tempat bersantai nanti bakal disamperin sama si penjaganya, dan ini tandanya kamu harus membayar Rp.5.000/ kursi.

Oke, kalau misalkan kamu nggak mau duduk di kursi-kursi yang telah disediakan nggak masalah, kamu masih bisa jalan-jalan di pinggir pantai sambil menikmati udara pantai. Atau kalau kamu mau bermain air juga boleh. Ya dengan syarat jangan lupa bawa pakaian ganti ya sob, dan jangan lupa mandi bilas setelah menceburkan diri ke laut.

Dulu waktu terakhir kali saya kesini pantainya nggak sebagus ini, sekarang mah udah banyak tempat-tempat bersantai, sudah ditanami pohon cemara, sudah ada pos penjaganya, terus banyak mainan air seperti ban, speedbot dan lain sebagainya. Agak kaget juga waktu kemarin saya kesini, soalnya keadaanya sudah sangat jauh berbeda. Iyalah mas, ente kesana tahun berapa coba?

Fasilitas Wisata Pantai Ngebum

Berbicara fasilitas di Wisata Pantai Ngebum, ada Mushola, lokasinya dekat dengan pintu masuk/ keluar. Jadi mudah ditemui, sehingga mempermudah pengunjung yang ingin beribadah. Yang kedua lokasi parkirnya cukup banyak,luas, dan beratap. Yang ketiga ada kamar mandi dan ruang ganti yang sudah tersebar di sekitar area pantai.

Kemudian ada beberapa permain air seperti sewa ban, bermain speedbot, banana bot, dan lain sebagainya, untuk masalah biaya silahkan tanya ke petugas ya sob, soalnya kemarin saya nggak bermain permainan itu. Lalu yang nggak kalah penting ada kantin/ warung makanya, jadi buat kamu yang merasa haus dan lapar bisa cek makanan atau camilan di area kantin, disekitar bibir pantai tak jarang banyak para penjual asongan seperti rujak, sate, roti bakar, jagung bakar, dan aneka jajanan pada umumnya.

Wah banyak sekali ya sob fasilitas yang ada di pantai ngebum ini?

Terlepas dari itu semua sebagai pengunjung jangan lupa untuk selalu menjaga keindahan tempat wisata. Seperti untuk tidak membuang sampah sembaranga. Buanglah sampah pada tempatnya, karena disini sudah banyak disediakan tempat sampah, sehingga diharapkan para pengunjung dapat memaksimalkan fasilitas yang telah disediakan.