Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Indahnya Wisata Pantai Sigandu Batang Yang Mempesona

Senin, 12 Juni 2023 | Juni 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-12T11:40:59Z

Pantai Sigandu Batang

Lintas5.com - Batang merupakan salah satu kabupaten yang berada di sebelah Utara Jawa Tengah. Wilayahnya meliputi daerah dataran tinggi di Selatan hingga ke laut Utara. Berbicara tentang laut di Batang juga menyimpan salah satu objek wisata yang cukup menarik. Wisata Pantai Sigandu namanya. Objek wisata pantai ini biasanya jadi buruan para travelers karena memiliki panorama alam berupa matahari terbenam (sunset) yang sangat indah.

Pengunjung pantai Sigandu akan sangat meningkat dikala musim liburan atau weekend. Pantai Sigandu juga berada tidak jauh dari alun-alun kota Batang, selain itu akses menuju kesana menggunakan jalur pantura Jakarta-Surabaya.

Pantai Sigandu Batang bukan termasuk objek wisata baru, mulai menjadi kawasan wisata sekitar tahun 2006 lalu, waw sudah lama sekali ya, sudah sampai 10 tahun sekarang. Menurut salah satu karyawan yang bekerja di pantai Sigandu, dahulu kala objek wisata ini sangat indah dan banyak pohon cemaranya. Tapi kini sudah mulai mengikis akibat abrasi, bibir pantai juga semakin memakan daratan sehingga membuat tanaman cemara yang ada disekitarnya mulai berkurang.

Lokasi dan Rute Ke Pantai Sigandu - Batang

Pantai ini berada di Klidang Lor, Kec. Batang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah 51216. Rute menuju ke Pantai Sigandu - Batang, untuk menuju kemari anda bisa menggunakan jalur pantura Jakarta-Surabaya dengan melewati jalan Raya Subah (dari Timur) / jl. Jendral Sudirman (dari Barat). kemudian masuk ke jl. Sultan Agung, lurus terus sampai bertemu persimpangan terakhir ambil yang kanan, kemudian maju sedikit lalu belok kiri, ikuti jalan ini terus maka akan sampai ke lokasi pantai Sigandu - Batang.

Biaya (update Februari 2016)

  • Tiket masuk : Rp.3.000/orang
  • Parkir : Rp.2.000/ unit sepeda motor

Sangat murah dan terjangkau bukan ? Untuk masalah medan perjalanan sangat bagus, tapi tetap harus berhati-hati saat melewati jalan pantura karena kondisi disini sangat ramai kendaraan kendaraan berat. Dengan pemandangan berupa jajaran pohon pohon jati besar. Banyak yang mengira kalau jalan ini bukan jalan menuju pantai, karena banyak orang-orang yang beranggapan kalau mau ke pantai itu biasanya pemandanganya paling tidak area tambak. Tapi disini beda, kita melewati jalan perkebunan dengan tanah merah. Itulah uniknya Batang, kondisi wilayahnya merupakan kombinasi antara pegunungan, dataran tinggi, pantai, dataran rendah.

Pemandangan Pantai Sigandu di Batang

Sesampainya disana silahkan parkirkan kendaraan di lokasi yang telah disediakan, ohh ya disini juga ada peraturan bahwa yang memakai seragam sekolah dilarang masuk.

Setelah masuk ke lokasi kini saatnya pengunjung meng-explore seisi pantai. Ada juga tempat bersantai yang sudah disediakan pihak pengelola pantai, Tentu saja saat pengunjung duduk di tempat bersantai harus merogoh kocek lagi, tapi tenang tidak mahal pastinya. Setiap pengunjung yang pertama kali datang kesini pasti terheran heran melihat setumpukan karung pasir berada di pantai dan berjejeran, itu karena digunakan sebagai pembatas.

Sekedar informasi saja pengunjung dilarang mandi / bermain air disini, demi keamanan. Walaupun sudah ada penjaga pantai tapi alangkah baiknya mencegah dari pada mengobati. Salah satu faktornya adalah pantai Sigandu kini mengalami abrasi sehingga akan sangat berbahaya bagi para pengunjung, apalagi yang tidak bisa berenang.

Fasilitas Wisata Pantai Sigandu Batang

Pantai Sigandu Batang

Fasilitas yang ada di pantai Sigandu juga sudah lumayan komplit. Apa sajakah diantaranya ?

  • Mushola
  • Taman Bermain
  • Area parkir yang luas
  • Rumah makan
  • Ruang ganti
  • Kamar mandi /Toilet
  • Kantin / warung
  • Tempat sampah yang cukup

Dengan fasilitas yang cukup lengkap diharapkan dapat membuat pengunjung betah berlama lama disini, Didekat pintu masuk ada juga dermaga atau bisa kita sebut pelabuhan kecil dimana banyak kapal kapal nelayan yang sedang parkir disini. Selain itu di pantai sigandu ini ada juga proses pembuatan perahu, para warga disini bergotong royong bersama sama membuat sebuah perahu.

Sehabis berkunjung ke pantai Sigandu jika ada sisa waktu alangkah baiknya jika anda mampir sebentar ke dolphin center yang letaknya tidak jauh dari sini, kemudian ada objek wisata pantai Ujung Negoro yang sudah populer duluan, ada juga pantai cemoro sewu, dan objek objek wisata pantai baru. Jadi sepertinya para travelers harus buru-buru kemari ya, satu kali mendayung dua tiga pulau terlampaui, satu kali perjalanan objek wisata banyak kita dapati.