Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati Ciamis Sebut BUMDes Bantu Peningkatan Ekonomi Desa

Kamis, 22 Juni 2023 | Juni 22, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T16:54:18Z


Kegiatan peningkatan kapasitas BUMDes di Ciamis dihadiri Bupati Herdiat Sunarya.


Lintas5.com, Ciamis- Guna penguatan ekonomi desa melalui dukungan terhadap BUMDes, salah satunya melalui kegiatan peningkatan kapasitas BUMDes atau BUMDesma tingkat Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di Gedung KH. Irfan Hielmy pada Kamis (22/6/2023). 


Kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 550 peserta yang  merupakan direktur dan penasehat BUMDes atau BUMDesma se Kabupaten Ciamis. 


Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya menyampaikan, peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan bagian terpenting dalam pengembangan BUMDes maupun BUMDesma yang ada di Kabupaten Ciamis. 


"Adanya pelatihan untuk peningkatan SDM ini sangat penting, apalagi BUMDes ini merupakan salah satu profit desa, jika tidak di dukung dengan SDM yang baik maka akan sulit berkembang,"ujarnya. 

[cut]



Menurutnya, ketelitian dan kehati-hatian para pengelola BUMDes termasuk Direktur didalamnya sangat penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diharapkan mengingat yang dikelola adalah uang negara. 


"Saya berharap tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan bersama, apalagi muncul masalah-masalah hukum yang berkaitan dengan keuangan,"tutur Herdiat. 


Selanjutnya, diamenyampaikan, BUMDes / BUMDesma ini secara merata turut mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Ciamis pasca adanya pandemi Covid 19.


"Tentu adanya BUMDes ini sangat berperan sekali, tercatat dari 258 desa di kabupaten Ciamis semuanya sudah berdiri BUMDes / BUMDesma namun ada beberapa diantaranya yang secara kelengkapan administrasi harus dipenuhi,"terangnya. 

[cut]


Oleh karenanya, untuk pengembangannya Bupati berharap para pengelola BUMDes ini dapat lebih memanfaatkan perkembangan teknologi dan digitalisasi baik dalam hal pemasaran maupun pelayanan. 


"Di jaman yang serba digital ini saya berharap bapak ibu semua para pengelola BUMDes ini sudah mampu menerapkan aplikasi dalam melakukan pemasaran maupun pelayanan," harapnya. 


Sementara itu, Kepala Dinas PMD Ciamis Ape Ruswandana selaku Ketua Penyelenggara mengatakan salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi pada Bumdes dan Bumdesma LKD agar mampu mengembangkan strategi bisnis baru di era masa kini. 


Selain itu, mempermudah pengambilan keputusan oleh Pimpinan dalam melakukan kebijakan revitalisasi dan pengembangan BUMDesa /Bumdesma LKD di Kabupaten Ciamis.

[cut]



"Dari peningkatan kapasitas ini diharapkan dapat hadirnya BUMDesa /Bumdesma LKD yang berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional khususnya masalah ekonomi desa , dan BUM Desa /Bumdesma LKD sebagai tulang punggung perekonomian mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat desa,"ucapnya. (Dicky)