Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Kepesertaan UHC Mencapai 96,43 Persen, Kepahiang Terima Piagam Penghargaan

Kamis, 24 November 2022 | November 24, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-19T21:47:06Z
"96,43 persen, masyarakat Kepahiang telah miliki BPJS kesehatan"


Lintas5.com - Dengan jumlah 153.152 jiwa warga Kabupaten Kepahiang sudah miliki kepesertaan BPJS Kesehatan. Angkat tersebut mencapai 96,43 persen dari total jumlah warga masyarakat yang ada di Kabupaten Kepahiang. 

Sebanyak 27.147 orang diantaranya mendapatkan BPJS gratis dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepahiang. Seluruh iuran bulanan ditanggung sepenuhnya oleh APBD Kabupaten Kepahiang setiap tahunnya. 

"Selamat untuk Kabupaten Kepahiang yang sudah masuk Universal Health Coverage (UHC), dengan kesepertaan mencapai 96,43 persen," ungkap Deputi Direksi BPJS Kesehatan, dr Siti Farida Hanoum AAK yang hadir langsung dalam peluncuran UHC Kepahiang Selasa (22/11). 

Siti menyebutkan dengan telah UHC sistem penjaminan kesehatannya maka akan memudahkan masyarakat. Bahkan warga yang belum memiliki kartu BPJS, untuk mendapatkan pelayanan medis bisa dengan hanya menunjukan KTP. "Bawak KTP sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan," tegasnya. 

Sementara itu, Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayatullah Sjahid MM IPU mengapresiasi kinerja BPJS Kesehatan Kepahiang dan jajaran Pemkab Kepahiang yang bisa berkolaborasi dengan baik. Sehingga capaian kepesertaan jaminan kesehatan mencapai 96,43 persen. Capaian tersebut melampaui targat yang ditetapan ditahun 2022 sebesar 95 persen. "Ya Allhamdulillah UHC kita mencapai 96,43 persen. Melebih target yang ditetapkan 95 persen, namun untuk RPJM 2024 sebesar 98 persen jadi kita masih kurang 1,5 persen lagi," ujar Hidayatullah. 

Ia berharap target 98 persen kepesertaan BPJS Kesehatan dapa tercapai di Kabupaten Kepahiang. Karena Pemkab Kepahiang siap mengalokasokan anggaran sesuai pada kebutuhan.

UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.(aa)