Mobil Baru Bebas Pajak, Pemerintah Targetkan 81 Ribu Mobil Terjual

Mentri perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan sebanyak 81000 mobil terjual dengan adanya penghapusan pajak penjualan atas barang mewah atau PPnBM.

Dengan adanya kebijakan insentif PPnBM ditanggung pemerintah mulai bulan ini diharapkan penjualan mobil meningkat setelah terpuruk karena pandemi.

Ditargetkan penjualan mencapai 81000 unit berdasarkan data kemenperin industri otomotif menjadi sektor yang terpuruk dihantam pandemik di tahun 2020 penjualan motor turun 43,507% sementara mobil turun 48,35%.

Baca Juga  Jual Mobil Listrik Murah Rp 64 Jutaan, Wuling Kebanjiran Order

Ketentuan bebas PPnBM ini berlangsung selama 9 bulan potongan sebanyak 100% diterapkan selama bulan Maret hingga Mei, kemudian potongan PPnBM 50% pada bulan Juni hingga Agustus dan potongan PPnBM 25% pada September hingga Desember 2021.

Total ada 21 jenis mobil dari 6 merek yang bisa menikmati kebijakan ini.

Peranan industri otomotif dan pendukungnya bagi perekonomian sangat besar di mana industri otomotif dan pendukungnya menyumbang lebih dari satu setengah juta tenaga kerja dan juga berkontribusi rata-rata 700 triliun.

Baca Juga  Harga Mclaren P1 GTR Versi Jalan Raya

Kebijakan ini berlaku untuk kendaraan bermotor di bawah 1500cc, komponen lokal minimal 70% serta buatan Indonesia atau Completely Knock Down (CKD), dan bukan Completely Built Up (CBU) serta Sedan dengan kapasitas mesin di bawah 1.500 cc.