Ditjen Pajak Sosialisasikan Simulasi Pembayaran Pajak Bagi YouTuber

Direktorat Jenderal Pajak menggumumkan profesi youtuber dan artis telah menjadi salah satu wajib pajak yang harus dipungut pajak penghasilannya karena itu pihak DJP mulai gencar mensosialisasikan aturan untuk meningkatkan kepatuhan para publik figur tersebut.

Direktorat Jenderal Pajak kementerian keuangan menggumumkan profesi youtuber dan artis telah menjadi salah satu wajib pajak yang harus dipungut pajak penghasilan nya.

Hal ini dilakukan setelah tingkat ketaatan wajib pajak dalam melaporkan kewajiban mereka masih tergolong rendah di kalangan pegiat media sosial tersebut oleh karena itu pihak DJP akan mulai gencar melakukan sosialisasi kepada selebriti dan juga youtuber untuk meningkatkan kepatuhannya dengan menggunakan sistem perpajakan self assessment guna menghitung dan membayar pajak terutang agar dapat segera dilaporkan ke dalam SPT tahunan.

Selain itu Metode penghitungan PPH ini sendiri dapat dilakukan sesuai dengan mekanisme norma penghitungan penghasilan neto dimana penghitungan pajak keduanya dilakukan sebanyak 50% dari total peredaran bruto mereka dalam 1 tahun terakhir.

Berikut Simulasi Pembayaran Pajak Youtuber:

Adapun sebagai contoh ialah jika seorang youtuber memiliki penghasilan selama setahun mencapai 4,8 miliar rupiah maka total pajak yang harus dihitung sebanyak 50% senilai 2,4 miliar rupiah dengan demikian total pembayaran pajak youtuber yang mempunyai penghasilan 4,8 miliar dalam setahun yaitu sebesar 678,8 juta rupiah.

Menjadi youtuber selebgram ataupun juga artis sekarang menjadi profesi yang diidamkan oleh anak muda karna setiap hari bisa diendorse dan story itu bisa jutaan loh. Tapi jangan sampai untuk wajib pajak ini merasa terbebani karena kalau misalkan para YouTubers ini bayar pajak otomatis mereka juga membangun negeri karena dari pajaknya kita juga bisa membangun jalan, rumah sakit dan sebagainya.

Baca Juga  Tiktoker Asal Situbondo Joget di Lampu Merah, Diciduk Polisi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *