Cara Meningkatkan Sistem Imun Secara Alami dengan Mudah

Sahabat-sahabat semua bagaimana meningkatkan sistem imun dari aspek qolbiah adalah tilawah, banyak sekali riset di sini yang telah dilakukan di berbagai belahan dunia yang mengatakan dan membuktikan bahwa ternyata tilawah itu sangat berperan pada aspek hati ataupun aspek pikiran ataupun bahkan daya ingat.

Ada sebuah riset yang membandingkan satu disuruh membaca buku cerita yang paling dia senangi dan yang satu lagi di beri bagaimana dia harus membaca Al-qur’an ternyata setelah dilakukan membaca itu selama 2 jam terjadi tingkat ketenangan yang lebih tinggi pada orang-orang yang membaca Al-qur’an.

Kemudian juga Al-qur’an ternyata berpengaruh baik orangnya mengerti ataupun tidak, penelitian yang bagus dilakukan di ICU oleh para perawat ternyata hasilnya apa coba? Bagi mereka yang diperdengarkan Murottal Al-qur’an pada orang-orang yang tidak sadar ternyata bisa meningkatkan perbaikan tanda-tanda vital dan banyak lagi penelitian-penelitian yang lain.

Yang mungkin yang pernah saya ungkapkan adalah ternyata dengan banyaknya mendengarkan Al-qur’an bisa meningkatkan kadar gelombang alfa yang ada didalam otak dimana gelombang itu kalau meningkatkan artinya terjadi ketenangan di dalam hati.

Nah aspek ketenangan ini sangat penting dalam meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh sahabat-sahabat semua, kenapa? karena aspek ketenangan ini bisa menurunkan pengeluaran hormon-hormon adrenalin, epinefrin, dan norepinefrin bahkan sekaligus meningkatkan hormon beta endorfin oksitosin dan dopamin.

Nah ternyata hormon-hormon ini bisa mereduksi kadar stres, ketika kadar stres direduksi maka yang disebut dengan HPA (hypothalamus pituitary-adrenal axis) yang mempengaruhi terhadap penurunan sistem imunitas ini akan akan direduksi artinya sahabat-sahabat semua baik secara langsung ataupun tidak langsung ternyata dengan tilawah ini bisa meningkatkan sistem imunitas kita.

Baca Juga  Luar Biasa! Inilah Beberapa Manfaat dan Hikmah Membaca Al-Qur'an

Mari kita mencoba tiap hari itu tilawah baik mendengarkan atau diperdengarkan ataukah kita membaca jadikanlah tilawah atmosfer itu sebagai salah satu bagian dari hidup kita di klinik di tempat kerja kemudian di kamar menjelang tidur di mobil degarkanlah murotal Al-qur’an sehingga itu menjadi atmosfer bagi kita semua.

Tilawah atmosfer itu betul-betul terbukti bisa meningkatkan ketenangan dalam hati dan ketenangan kita ternyata berkorelasi dengan peningkatan sistem imun.

dokter Aher

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *