Inilah Cara Alami untuk Meningkatkan Kesuburan Wanita

Membahas tentang bagaimana meningkatkan kesuburan seorang wanita. Perlu kita ketahui dulu ya ladies, apa itu kesuburan.

Kesuburan merupakan suatu ukuran bagi seorang pria dan wanita untuk bisa memiliki anak. Pada wanita, kesuburan ditandai dengan kondisi Masa subur yang teratur. Masa subur wanita adalah momen dikeluarkannya sel telur matang dari ovarium (indung telur) ke tuba fallopi untuk siap dibuahi oleh sperma atau sering dikenal dengan masa ovulasi.

Kejadian ini hanya berlangsung sekali dalam sebulan, yakni pada kurang lebih 14 hari sebelum terjadinya menstruasi yang akan datang. Masa ovulasi yang teratur sangat bergantung pada kondisi kesehatan seorang wanita baik dari segi fisik maupun psikis. Kondisi kesehatan yang baik berperan besar akan terjadinya masa subur yang teratur. Dan Masa subur yang teratur dapat menciptakan kondisi kesehatan yang baik pula bagiwanita.

Yuk simak beberapa kiat untuk meningkatkan kesuburan kamu!

1. Hindari Stress
Sebab saat Anda stres, tubuh akan mengirimkan sinyal ke hipotalamus, yaitu bagian otak yang bertugas untuk mengontrol ovulasi. “Stres berkaitan dengan berkurangnya lendir dari serviks saat masa ovulasi, sehingga turut memepngaruhi proses pembuahan.

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat lagi bergizi terutama berantioksidan tinggi
Stroberi, anggur, jeruk, wortel, terong ungu, jambu, buah bit, kacang-kacangan, sayuran hijau.

Fungsi antioksidan: Stres oksidatif ini dapat merusak sel-sel, termasuk sel yang membangun telur (ovum) dan sperma. Dengan menekan jumlah senyawa berbahaya tersebut, antioksidan dapat menunda proses penuaan dan meningkatkan kesehatan, termasuk kesehatan sistem reproduksi.

3. Hindari makanan berlemak
Mie instan, roti, biskuit, margarin, hingga keripik juga termasuk makanan yang mengadung fatty acid/asam lemak. Lemak trans menyebabkan kadar kolesterol jahat (LDL), memiliki efek yang lebih buruk terhadap kesehatan. Kecuali makan lemak baik/alami (ikan, kacang2an, alpukat, minyakzaitun).

4. Berolahraga minimal seminggu sekali
Jogging merupakan olahraga sederhana yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang untuk hamil. Luangkanlah waktu sekitar 30 menit sehari untuk jogging, setidaknya 2-3 kali per minggu.

5. Mengurangi karbo
Karbohidrat memiliki manfaat utama sebagai sumber energi agar tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya dan melakukan berbagai aktivitas setiap hari.
Orang yang kelebihan karbohidrat, berpotensi mengalami kolesterol tinggi dan diabetes (obesitas lalu mengganggu kerja hormon insulin. Insulin adalah hormon yang mengubah gula dalam darah menjadi energi untuk sel-sel di dalam tubuh).

6. Tidak Bergadang
Keseringan begadang bisa mengganggu fungsi hormon yang berkaitan dengan kesuburan. Kebanyakan perempuan yang mengalami masalah kesuburan, waktu tidurnya hanya enam jam setiap malam.

7. Perbanyak makanan berserat setiap hari: SAYURAN

8. Rutin minum multivitamin
Sedangkan folat berperan penting untuk menjaga kualitas sel telur dan teraturnya menstruasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *