Segera Daftar, Begini Panduan Cara Pendaftaran CPNS 2021

Menjadi PNS adalah merupakan impian banyak orang, yang paling banyak diminati karena mempunyai gaji atau penghasilan yang menentu dan dirasa lebih ke zona nyaman jika dibandingkan dengan pekerjaan swasta dan juga pastinya juga memiliki gaji tunjangan dihari tua nanti atau berupa gaji pensiun.

Informasi terhangat buat kamu yang ingin menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) bahwa akan dibukanya pendaftaran CPNS mulai April 2021 sampai dengan bulan Mei 2021.

Formasi yang menjadi prioritas pada CPNS tahun ini adalah masih sama dengan tahun sebelumnya, yaitu tenaga kesehatan, tenaga guru dan tenaga teknis.

Khusus bagi PPPK (Pejabat Pembina Kepegawaian) untuk jabatan guru, itu sesuai berdasarkan kesepakatan sejumlah menteri yang terlibat. Yaitu Menteri PANRB, Menkeu, Mendagri, Mendikbud serta BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Penerimaan CPNS pada tahun 2021 ini, BKN akan melakukan rekrutmen dengan jumlah total 1 juta formasi. Guna mengakomodasi hal ini, khusus untuk pengajuan usulan formasi Guru PPPK, Alhamdulillah BKN memperpanjang sampai tanggal 31 Desember 2021.

Mengingat bahwa sebelumnya pendaftaran CPNS 2020 ditiadakan akibat Pandemi. Pendaftaran seleksi CPNS 2021 merupakan hal yang sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia.

Begini cara mengisi formasi pendaftaran CPNS 2021 lewat Sistem Seleksi CPNS Nasional atau sscn.bkn.go.id.

  1. Login terlebih dahulu di sscn.bkn.go.id dan Pilih instansi
  2. Jika Instansi yang dilamar belum tampil dalam daftar tersebut, silahkan cek kembali pengumuman mengenai waktu pembukaan pendaftaran instansi yang akan dilamar
  3. Pilih Jenis Formasi yang sesuai dengan formasi yang dibuka oleh instansi tersebut. Pilihan Jenis Formasi dapat dilihat di Pengumuman Instansi
  4. Klik “pilih” dan form isian akan tampil. Pelamar dapat mengubah instansi dan formasi yang dipilih dengan klik “Ulang”
  5. Pilih pendidikan sesuai dengan ijazah Anda
  6. Pilih jabatan yang akan dilamar. Jabatan akan tampil sesuai dengan pendidikan yang dipilih
  7. Pilih Lokasi Formasi
  8. Pilih Lokasi Tes; kewenangan ini diberikan instansi jika peserta diperbolehkan memilih lokasi test. Jika pilihan ini tidak tersedia maka lokasi tes akan ditentukan oleh instansi
  9. Isi IPK sesuai dengan yang tercantum di transkrip nilai, contoh 3.3 Nilai IPK menggunakan tanda titik (.) dan dua digit dibelakang koma, untuk formasi lulusan SMA/Sederajat, isi dengan nilai ijazah
  10. Untuk beberapa instansi yang memiliki persyaratan Skor Tes Bahasa Inggris, silahkan memilih jenis Tes berdasarkan yang disyaratkan oleh instansi.
Baca Juga  Inilah Beberapa Contoh Tes untuk Pendaftaran CPNS

Demikian diatas adalah cara mendaftar CPNS 2021 yang bisa kami infokan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *