Menyehatkan, Begini Cara Minum yang Dicontohkan Nabi Muhammad

Dari air aku jadikan segala sesuatu itu hidup (QS. Al-Anbiya;30)

Perlu kita tahu bahwa 70% tubuh kita terdiri dari komponen air. Keharmonisan tubuh perlu dijaga salah satunya adalah mencukupi kebutuhan kualitas dan kuantitas air bagi tubuh.

Lalu Bagaimanakah etika mencukupi kebutuhan ini sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah? mari kita simak tulisan berikut:

Baca Juga  Mengagumkan, Inilah 6 Bahan Makanan Indonesia yang Tinggi Zat Besi

1. Hindarilah meminum air dingin

Air dingin berbahaya untuk pencernaan karena mengganggu kerja para enzim pencernaan yang mengakibatkan proses cerna menjadi lambat. Usahakan menghindari minuman dingin setelah mengkonsumsi sesuatu yang panas, manis, serta mandi dengan air panas.

2. minum seteguk demi seteguk

Manfaatnya untuk mengantar masuknya air secara bertahap penyerapan air menjadi lebih baik, lebih menyehatkan lebih cepat menghilangkan dahaga dan lebih menyegarkan.

Baca Juga  Jangan Buang, Inilah Daftar Manfaat Biji Buah Alpukat untuk Kesehatan

3. Berdoa dan bernafas 3 kali setiap tegukan

Berdoa sebelum dan sesudah minum serta dengan cara demikian menurut Rasulullah lebih sehat dan menyegarkan.

4. Lebih baik tidak langsung minum dari kantung air

Adalah dianjurkan melalui cangkir, selain tauladan dari Rasulullah juga dikhawatirkan adanya binatang atau kotoran sedangkan kita tidak mengetahuinya.

5. Jangan minum di tengah-tengah makan

Baca Juga  Kamu Wajib Tahu, Inilah Fakta Tentang Bahaya Mie Instan

Hal ini dapat mengganggu kerja enzim pencernaan, jangan sampai Anda dehidrasi saat sedang makan karena dapat memperlambat proses pencernaan, maka disarankan minum kira-kira 20 menit sebelum makan.

6. Biasakan senantiasa minum teratur setiap 1 jam

Hal ini untuk menghindari terjadinya dehidrasi. Dehidrasi adalah ketika ekskresi air lebih besar dari absorpsi sehingga kandungan air pada jaringan terpaksa digunakan sebagai metabolisme tubuh. Akibatnya adalah mengeringnya jaringan dan menjadi menuanya sel-sel tubuh.

Baca Juga  MasyaAllah, Inilah Manfaat Kurma yang Luar Biasa untuk Kesehatan

Air sangat penting bagi tubuh kita, selain menghilangkan dahaga air juga berperan dalam proses regenerasi sel metabolisme dan sebagai media ekskresi racun dari tubuh.

Secara takaran cara minum yang disarankan para tabib Islam sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW adalah minum 250 cc per jam, minum 500 cc 1 jam setelah makan, minum 20 menit sebelum makan atau sepertiga dari lambung.

Baca Juga  Hubungan Sholat 5 Waktu dengan Alam dan Kesehatan Tubuh

Kekurangan air = Dehidrasi

Bahayanya:

1. Gangguan fungsi organ menurunnya kinerja organ tubuh
2. Mengganggu kinerja pabrik sperma yaitu testis
3. Menurunkan kualitas sperma
4. Menurunkan kuantitas sperma dan resiko infertility
5. Dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya seperti kencing manis, batu ginjal dan saluran kencing, asma, obesitas, rematik, penuaan dini bahkan kanker

Baca Juga  6 Cara Cepat Turunkan Berat Badan, Bisa Kamu Coba Sekarang

Catatan: Jangan menunggu sampai haus karena harus merupakan pertanda dehidrasi sedangkan setiap keadaan dehidrasi sekecil apapun memberikan dampak kepada kesehatan, jadi cegahlah dehidrasi sebelum dehidrasi terjadi agar organ tubuh anda tidak terluka.

dr. M. Ali Toha Asegaf