Begini Cara Mencari dan Melacak Smartphone yang Hilang

Jika kamu menggunakan iPhone maka langkah pertama untuk mencari dan melacak yaitu dengan fitur pelacakan bawaan, Find My iPhone. Kemudian aktifkan opsi “Mark As Lost” atau tandai sebagai perangkat hilang.

Menurut keterangan di laman Apple, opsi Mark As Lost ini memungkinkan pemilik iPhone untuk mengunci ponselnya dari jarak jauh menggunakan kode sandi. Fitur ini juga akan melacak keberadaan atau lokasi perangkat yang hilang tersebut.

Jika iPhone kamu yang hilang dalam keadaan aktif maka kamu akan menerima email notifikasi bahwa iPhone milikmu kembali aktif dan terlacak oleh Find My iPhone. Nah dari lokasi itu kamu bisa mencarinya sendiri atau bisa juga kamu meminta bantuan pihak kepolisian.

Fitur pelacakan yang disematkan pada sebagian besar smartphone kembali terbukti berguna untuk menemukan ponsel yang dicuri. Dalam halaman resminya, Apple mengatakan Find My iPhone dapat dimanfaatkan pengguna untuk mencari ponselnya yang hilang atau dicuri.

Jika fitur ini dimatikan, pengguna akan kehilangan kemampuan untuk melacak iPhone yang hilang. Risiko pencurian data-data yang ada di ponsel pun jadi lebih besar. “Jika Anda perlu menemukan perangkat yang hilang atau dicuri, fitur Find My dapat membantu Anda mendapatkannya kembali. Anda dapat melihat lokasi perangkat di peta, memutar suara untuk membantu menemukannya, dan banyak lagi,” tulis Apple.

Selain Apple, fitur pelacakan ponsel juga umum ditemukan di berbagai merek smartphone, termasuk Samsung, Xiaomi, hingga Oppo.

Selain fitur bawaan ponsel, sebenarnya Google secara default memiliki fitur serupa, bernama “Find My Device” di setiap ponsel Android. Sayangnya, sejumlah pengguna memilih untuk tidak mengaktifkan fitur yang bersangkutan. Ada sejumlah alasan yang membuat fitur semacam “Find My Device” ini diabaikan. Salah satunya adalah isu privasi karena dianggap dapat membagikan lokasi perangkat milik pengguna.

Baca Juga  Cara Mengedit Video di Kinemaster untuk Pemula

Padahal, Google sendiri mengatakan bahwa Find My Device penting untuk digunakan. Apalagi ketika pengguna kehilangan smartphone dengan file penting atau rahasia di dalamnya.

Demikian sekilas tutorial tentang cara mencari hp atau smartphone yang hilang semoga bisa bermanfaat bagi setiap pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *