Begini Cara Mudah Mencairkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Pelaksanaan

Pencairan BLT UMKM Rp. 2,4 juta melalui Bank BRI akan terus dilaksanakan pada Februari 2021. Ada beberapa syarat dan cara mencairkan senilai Rp. 2,4 juta.

Syarat

Berikut adalah syarat pengajuan BLT UMKM yang dilansir dari laman utama KemenKop UKM:

1. Warga Negara Indonesia (WNI)
2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
3. Memiliki usaha mikro
4. Bukan ASN, TNI/POLRI, dan bukan pegawai BUMN/BUMD
5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR
6. Bagi pelaku Usaha Mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda harus melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Proses

Setelah memenuhi persyaratan di atas, pelaku usaha mikro diperkenankan untuk mendatangi salah satu kantor lembaga pengusul yakni dinas yang membidangi Koperasi dan UKM, Koperasi Berbadan Hukum, Kementerian atau lembaga, dan Perbankan atau perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Pemberkasan diserahkan kepada lembaga pengusul untuk mendapatkan rekomendasi bantuan BPUM UMKM Rp 2,4 juta.

Jika lolos, BPUM UMKM dengan nominal Rp 2,4 juta akan dicairkan secara langsung melalui bank penyalur BNI, BRI, dan Bank Syariah Mandiri.

Bagi pelaku usaha mikro yang belum memiliki rekening bank tidak perlu khawatir dan cemas karena memiliki rekening bank bukan menjadi salah persyaratan untuk mendapatkan Banpres Produktif UMKM Rp 2,4 juta.

Pelaku usaha mikro yang belum memiliki rekening akan dibuatkan oleh bank penyalur baik BNI, BRI, maupun Bank Syariah Mandiri dengan mendatangi kantor bank terdekat setelah mendapatkan SMS notifikasi dan membawa kartu identitas.

Sementara itu, pemberitahuan mengenai apakah pelaku usaha mikro menerima Banpres Produktif UMKM atau tidak diberitahukan melalui pesan singkat (SMS) oleh bank penyalur atau dapat melakukan pengecekan secara mandiri dari rumah.

Cara Pengecekan

Pengecekan mandiri dapat dilakukan melalui laman https://eform.bri.co.id/bpum bagi pengguna rekening BRI dengan menuliskan NIK yang tertera dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Setelah menuliskan NIK, cek apakah ada nomor NIK yang sesuai identitas pendaftar atau tidak, jika ada maka pelaku usaha mikro yang mendaftarkan diri dapat mendatangi kantor bank penyalur terdekat untuk melakukan verifikasi data dan pencairan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *