Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

Cara mematikan laptop dengan keyboard merupakan hal yang sangat mudah. Walaupun demikian jika untuk pemula yang baru saja memiliki laptop atau komputer tentunya belum mengetahui trik yang sangat simpel ini.

Saat ini laptop atau komputer sudah menjadi barang yang kerap dijumpai, sudah tidak asin lagi terlebih pada para palajar, mahasiswa, guru hingga dosen. Karena laptop berperan sangat penting untuk aktivitas pada era modern seperti sekarang ini.

Komputer atau laptop mempunyai fungsi yang sangat lengkap baik itu untuk belajar, bekerja, hiburan dan sebagainya. Hanya saja setiap laptop mempunyai spesifikasi yang berbeda yang nantinya akan menentukan performa tergantung dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga  Cara Menghapus Beberapa Kontak di iPhone Sekaligus Tercepat

Beberapa kondisi yang memungkinkan Anda untuk mematikan laptop dengan menggunakan keyboard diantaranya adalah jika mouse sedang error atapun masalah lainnya. Tentunya cara ini adalah salah satu solusi yang bisa Anda lakukan.

Penasaran dengan cara mematikan laptop dengan keyboard? Ada beberapa shortcut yang memudahkan Anda untuk mematikan laptop. Namun, sebelumnya pastikan dahulu beberapa langkah bisa berfungsi dengan baik sesuai kondisi laptop.

Cara Mematikan Laptop dengan Keyboard

1. Windows + U

Cara mudah yang pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menekan tombol Window dan U. Nah, Anda hanya membutuhkan beberapa kali percobaan untuk shortcut di atas. Anda hanya cukup dengan menekan tombol Window + U + U sampai laptop akan shutdown secara otomatis.

2. Alt + F4

Selanjutnya cara yang kedua adalah Anda bisa menggunakan tombol ALT dan F4. Anda hanya cukup menekan kombinasi tombol ALT + F4 sampai muncul beberapa pilihan. Jika menu drop down sudah mengarah ke shutdown kemudian Anda tekan enter maka komputer atau laptop akan langsung proses shutdown.

Baca Juga  Cara Mengubah Whatsapp Android Menjadi Iphone Terbaru

3. Ctrl + Alt + Del

Kemudian cara yang ketiga adalah dengan menggunakan shortcut CTRL + ALT + DEL. Anda harus menekan tiga tombol tersebut secara bersamaan hingga muncul logo shutdown. Kemudian Anda tekan logo shutdown dan laptop atau komputer akan tershutdown.

4. Tombol Power

Cara yang terakhir ini adalah cara pamungkas apabila kondisi laptop sedang error dan tidak dapat mengikuti kondisi di atas maka Anda bisa melakukan dengan cara menahan tombol power.

Baca Juga  Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Tanpa Aplikasi

Tekan tombol power dalam beberapa detik hingga layar berubah menjadi hitam. Akan tetapi metode hard reset ini cukup riskan karena dapat memengaruhi performa hardware laptop. Oleh karena itu jangan terlalu sering menggunakan cara ini, lakukan hanya pada kondisi yang mendesak saja.

Bonus cara mematikan laptop secara otomatis dengan memberi waktu atau timer yang bisa kita tentukan sendiri.

Baca Juga  Cara Membuat Video Cinematic Menggunakan HP

Simak tutorial berikut dibawah ini.

1. Tekan tombol Window + R atau Anda bisa ketikkan “cmd” di search pada start menu

2. Setelah menu Run muncul, selanjutnya tuliskan perintah berikut ini “shutdown -f -s -t 3600”. 3600 menunjukkan detik atau sama dengan 60 menit atau 1 jam. Jadi laptop atau komputer Anda akan mati secara otomatis ketika waktu sudah 1 jam.

3. Tekan OK atau Enter

4. Selesai

Demikian beberapa cara mematikan laptop dengan keyboard lewat berbagai shortcut.