Suatu usaha pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dan keadilan merupakan pengertian pengendalian sosial bersifat

Suatu usaha pencegahan terhadap terjadinya gangguan-gangguan pada keserasian antara kepastian dan keadilan merupakan pengertian pengendalian sosial bersifat

Jawaban:

Pereventif

Penjelasan:

Pengendalian sosial adalah proses kolektif yang direncanakan atau tidak direncanakan untuk mengajak, membujuk, membimbing atau memaksa individu supaya mematuhi nilai-nilai dan kaidah-kaidah dalam kehidupan kelompok. Berikut adalah jenis-jenis pengendalian sosial, yaitu:

Baca Juga  Secara garis besar, laporan penelitian terdiri dari

1. Pengendalian sosial Preventif yaitu pencegahan sebelum terjadi penyimpangan terhadap norma-norma dan nilai-nilai masyarakat. Contoh, orang tua yang melarang anaknya bergaul dengan teman-teman yang suka berjudi. Hal ini bertujuan supaya anaknya tidak menjadi tukang judi nantinya.

2. Pengendalian sosial Represif yaitu upaya pemulihan keadaan sesudah terjadi penyimpangan nilai dan norma masyarakat. Contoh, seseorang yang ingkar janji diadukan ke pengadilan, sehingga hakim menjatuhkan hukuman dengan membayar hutang dan denda.

Baca Juga  Tuliskan dan jelaskan pembagian nilai menurut Profesor Doktor Notonegoro‚Äč

3. Pengendalian sosial Persuasif yaitu cara mencegah penyimpangan dengan mengajak, membimbing melalui anjuran, contoh, ajakan kepada kaki lima, untuk menempati kios-kios yang disediakan pemerintah.

4. Pengendalian sosial Koersif yaitu pencegahan penyimpangan melalui ancaman/kekerasan fisik. Contoh, pedagang kaki lima yang tidak mengindahkan anjuran, dinaikan ke mobil bersama barangnya, dibebaskan setelah berjanji tidak akan berjualan di kaki lima lagi.

Baca Juga  Bentuk-bentuk konflik menurut Soerjono Soekanto adalah

Maka dapat diketahui bahwa pegendalian sosial yang dilakukan untuk mencegah dapat disebut sebagai pengendalian sosial preventif.