Cara Menggabungkan file PDF di WPS Office HP dan Online

Cara Menggabungkan File PDF di WPS Office HP dan Online Anti Ribet

Mengelola file PDF melalui hp android bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang jika Anda tahu dan mengerti caranya, dan susah jika tidak mengetahuinya sama sekali. Umumnya, file PDF tidak dapat diedit lagi karena sudah dienkripsi. Bisa mengeditnya asalkan diconvert dulu menjadi file Ms. Word. Melakukannya ini bisa menggunakan aplikasi ataupun tanpa aplikasi. Jangan bingung deh soal cara menggabungkan file PDF di WPS Office hp dan online.

Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Bukan hanya mengandalkan PC, sekarang dua buah file PDF bisa digabungkan menggunakan HP android. Namun, di sini Anda perlu alat tambahan untuk melakukannya, yakni menggunakan WPS Office. Cara ini bisa diterapkan dengan dan tanpa menggunakan sambungan internet.

Berikut cara menggabungkan file PDF di WPS Office HP dan online yang mudah buat dicoba.

Cara Menggabungkan file PDF di WPS Office HP dan Online

Sangat mudah sebenarnya untuk bisa menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, kemudian Anda bisa menyimpannya dalam bentuk satu file. Di sini Anda bisa melakukannya menggunakan aplikasi WPS Office yang sebelumnya sudah diinstall di perangkat smartphone android.  Satu lagi syarat penting yang harus dipenuhi, yakni harus upgrade WPS Office ke versi Premium.

Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Adapun cara menggabungkan file PDF di WPS Office HP dan Online selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Menggabungkan file PDF Menggunakan WPS Office

  1. Langkah yang pertama, Anda buka aplikasi WPS Office di perangkat smartphone android. Pastikan Anda sudah berlangganan WPS Office Premium, baik yang langganan bulanan ataupun tahunan.
  2. Pada halaman utama aplikasi WPS Office, Anda klik menu Alat yang ada di bagian bawah tengah tampilan.
  3. Selanjutnya pada bagian Alat PDF, Anda pilih opsi PDF ke DOC atau PDF to Word.
  4. Pada halaman yang ditampilkan Anda klik tombol Pilih Dokumen, lalu pilih sala satu file PDF yang ingin digabungkan dengan file PDF lainnya.
  5. Nantinya file PDF akan terbuka di layar WPS Office. Pada halaman PDF yang dibuka tersebut, Anda klik menu Alat ada ada di bagian pojok kiri bawah tampilan.
  6. Akan muncul notifikasi pop up di bawah layar, kemudian Anda pilih tab Edit. Gulir ke bawah lalu pilih opsi Menggabungkan Dokumen.
  7. Sekarang Anda tandai file PDF mana saja yang ingin Anda gabungkan dengan cara memberi tanda centang. Jika sudah, selanjutnya klik tombol Mulai Menggabungkan.
  8. Nantinya file PDF akan langsung ditampilkan dalam satu tampilan saja. Anda bisa menyimpannya dengan klik tombol Simpan, kemudian pilih format PDF dan ganti nama file jika perlu. Konfirmasi lagi dengan klik tombol Simpan.
  9. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Cara 2. Menggabungkan File Dokumen Secara Online

  1. Langkah yang pertama Anda buka menu browser di perangkat smartphone. Pastikan HP sudah terhubung ke jaringan internet.
  2. Selanjutnya Anda kunjungi situs SmallPDF dan pilih menu Menggabungkan PDF.https://smallpdf.com/id/menggabungkan-pdf
  3. Pada halaman tersebut, Anda klik tombol Pilih File. Kemudian cari dan pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan menjadi satu file.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses penguploadan file PDF berhasil.
  5. Selanjutnya pilih opsi Gabungkan File untuk versi gratis dan Gabungkan Halaman untuk versi berbayar. Jika sudah, selanjutnya klik Pilih Opsi.
  6. Konfirmasi penggabungan file dengan klik GABUNGKAN PDF! dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  7. Untuk menyimpan hasil file PDF yang digabungkan, Anda klik tombol Unduh.
  8. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Itulah tadi cara menggabungkan file PDF di WPS Office HP dan online yang mudah dan praktis. Tidak perlu repot-repot membuka PC hanya untuk menggabungkan dokumen, cukup dari ponsel.