Cara Edit Latar Belakang Foto Tanpa Aplikasi

Cara Edit Latar Belakang Foto Tanpa Aplikasi Paling Mudah 2022

Mengedit foto umumnya dilakukan melalui perangkat PC atau laptop dengan bantuan software editing foto. Namun, berkembangnya dunia teknologi membuat aktivitas tersebut juga bisa dilakukan dengan mudah melalui smartphone. Selain memanfaatkan aplikasi di Google Play Store, Anda bisa juga lho mencoba cara edit latar belakang foto tanpa aplikasi.

Dalam aplikasi android ini biasanya disediakan banyak fitur untuk mengedit foto, misalnya saja fitur memberi filter, mengubah ukuran, menambah stiker, sampai menghapus background atau latar belakang foto. Mungkin karena beberapa alasan tertentu, pengguna lebih menyukai menghapus dan mengganti latar belakang foto tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Jika belum paham, berikut cara edit latar belakang foto tanpa aplikasi yang mudah dan simpel.

Cara Edit Latar Belakang Foto Tanpa Aplikasi

Paling mudah memang mengedit foto menggunakan aplikasi pihak ketiga di smartphone android. Namun, bagi beberapa pengguna menganggap cara ini cukup ribet. Apalagi penambahan aplikasi di HP android bisa membuat ruang memori HP menjadi lebih sesak bahkan cepat penuh.

Sebagai gantinya, kita bisa memanfaatkan situs editing foto online yang ada di internet. Beberapa situs bahkan ada yang menyediakan fungsi khusus untuk mengedit background foto. Baik itu menghapus atau juga menggantinya dengan background lain. Adapun cara edit latar belakang foto tanpa aplikasi di HP android selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Upload Foto dan Hapus Backgroundnya

  1. Langkah yang pertama Anda buka menu browser yang ada di perangkat smartphone, baik itu Google Chrome atau browser lainnya.
  2. Kemudian kunjungi situs untuk mengedit latar belakang atau background foto. Dalam hal ini adalah situs RemoveBG. https://www.remove.bg/upload
  3. Pada halaman situs tersebut, Anda klik tombol Upload Image lalu cari dan pilih foto yang ingin diedit background atau latar belakangnya. Bisa juga dengan drag and drop foto atau dengan Copy-Paste Foto.
  4. Selanjutnya, Anda tunggu beberapa saat sampai foto berhasil diupload dan dihapus secara otomatis latar belakangnya.
  5. Sampai di sini Anda sudah berhasil menghapus latar belakang foto. Anda bisa melihatnya di tab Removed Background yang ada di atas foto terupload.

Langkah 2. Mengganti Background Foto dengan Warna Solid

Cara ini bisa digunakan untuk mengganti background atau latar belakang foto dengan warna solid, misalnya saja warna merah atau biru untuk pas foto.

  1. Setelah foto berhasil dihapus backgroundnya, selanjutnya Anda klik menu Edit yang ada di bagian atas hasil foto removed background.
  2. Nantinya akan ditampilkan halaman untuk mengedit background foto tersebut.
  3. Pada halaman ini Anda pilih opsi Color yang ada di sebelah kanan foto. Kemudian pilih warna solid untuk background foto sesuai keinginan.
  4. Selain disediakan pilihan warna instan, Anda juga memungkinkan untuk mengatur sendiri warna solid untuk background foto dengan klik opsi Kotak Warna dan tentukan sendiri warna yang diinginkan.

Langkah 3. Mengganti Background Foto dengan Gambar

Sementara untuk cara ini bisa dilakukan jika Anda ingin mengganti latar belakang foto dengan gambar lain.

  1. Pada hasil foto yang dihapus backgroundnya, Anda klik menu Edit yang ada di atas foto. Maka akan muncul halaman untuk mengedit background foto.
  2. Kemudian klik opsi Photo yang ada disebelah kanan preview foto.
  3. Selanjutnya Anda pilih salah satu rekomendasi gambar background foto yang disediakan secara otomatis.
  4. Jika ingin menggunakan gambar sendiri, maka Anda klik opsi Upload Background. Kemudian cari dan pilih gambar yang ingin dijadikan latar belakang untuk foto tersebut.
  5. Secara otomatis latar belakang foto akan berubah.

Langkah 4. Menyimpan Hasil Foto Editing

  1. Untuk menyimpan hasil editing foto tersebut, silakan Anda klik tombol Download yang ada di bawah preview foto.
  2. Selanjutnya konfirmasi dengan klik Download Image.
  3. Maka foto hasil editan tersebut akan langsung tersimpan di memori HP.
  4. Selesai.

Itulah tadi cara edit latar belakang foto tanpa aplikasi yang mudah dan praktis. Sekarang Anda bisa menyesuaikan background foto menurut kebutuhan dan keinginan.