Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android

Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Seperti yang kita tahu, memiliki akun Gmail atau akun Google hukumnya wajib bagi pengguna smartphone android. Pasalnya, untuk bisa mengakses fitur yang ada di HP android membutuhkan login akun Gmail atau Google tersebut. Namun sayang, tidak semua pengguna menginat detail login Gmail miliknya. Jika sewaktu-waktu membutuhkan, begini cara mengetahui password Gmail yang lupa di android.

Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Mengetahui alamat email dan passwordnya sangat penting, khususnya ketika kita akan ganti HP dan memindahkan akun ke HP baru tersebut. Ketika lupa kata sandi Gmail dan ganti ponsel baru, sebagian orang lebih memilih membuat akun baru. Padahal, sebenarnya masih ada cara untuk melihat password dari akun Gmail atau Google yang sudah login di HP android.

Baca Juga  Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa dengan Benar

Berikut cara mengetahui password Gmail yang lupa di android dengan mudah dan bisa Anda terapkan.

Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android

Untuk bisa mengetahui kata sandi dari akun Gmail yang lupa di HP android, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Adapun cara mengetahui password Gmail yang lupa di android sebagai berikut:

Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Cara 1. Menggunakan Browser Google Chrome

Akun Gmail yang digunakan di HP android biasanya akan langsung tersinkronasi dengan browser Google Chrome yang ada di dalamnya. Jadi, saat kita membuka Google Chrome dan melakukan pencarian, data browsing tersebut akan langsung tersimpan di akun Google atau akun Gmail yang ada di hp.

Baca Juga  Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa dengan Benar

Tidak hanya itu saja, melalui Google Chrome ini Anda juga memungkinkan untuk melihat password dari akun Gmail yang digunakan.  Syaratnya Anda sudah mengaktifkan fitur Simpan Sandi Otomatis di Google Chrome tersebut saat pertama kali mengakses Gmail. Untuk cara melihat kata sandi akun Gmail yang tersimpan di Google Chrome tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama, Anda buka browser Google Chrome di perangkat smartphone android.
  2. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik ikon Tiga Titik Vertikal yang ada di bagian pojok kanan atas tampilan.
  3. Kemudian klik pada menu Setelan atau Settings.
  4. Selanjutnya pada halaman Setelan Anda klik opsi Sandi atau Password.
  5. Di bagian opsi Sandi atau Password akan ditampilkan list halaman situs beserta detail login yang tersimpan otomatis. Anda cari situs Akun Google dan klik pada situs tersebut.
  6. Untuk melihat passwordnya, Anda klik ikon Mata yang ada di sebelah kolom Kata Sandi, maka kata sandi akun Google atau Gmail tersebut akan langsung ditampilkan.
  7. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Cara 2. Menggunakan Fitur Lupa Password

Cara di atas hanya bisa dilakukan jika sebelumnya Anda telah mengaktifkan fitur Simpan Sandi Otomatis untuk akun Google. Jika tidak, tentunya kata sandi akun tidak akan bisa dilihat. Sebagai alternatifnya Anda lakukan saja cara kedua ini.

  1. Buka browser di HP, baik itu Google Chrome atau browser lainnya.
  2. Kemudian kunjungi halaman situs Gmail.com.
  3. Pada halaman login, Anda ketik alamat gmail yang lupa passwordnya pada kolom yang tersedia, kemudian klik Berikutnya.
  4. Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan password. klik saja pada opsi Lupa Sandi? atau Forgot Password? yang ada di bawah kolom tersebut.
  5. Kemudian Google akan mengirim kode verifikasi ke alamat email pemulihan atau nomor HP yang Anda gunakan pada akun tersebut.
  6. Cek kode verifikasinya lalu masukkan ke kolom yang tersedia dan klik Berikutnya.
  7. Jika berhasil, Anda akan diminta untuk membuat password baru lalu konfirmasi password baru yang digunakan dan klik Simpan.
  8. Sekarang Anda sudah berhasil masuk dan tahu kata sandi dari akun Gmail tersebut.
  9. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengubah Foto ke PDF di HP Menggunakan WPS Office

Itulah tadi cara mengetahui password Gmail yang lupa di android paling mudah dan praktis. Sekarang Anda tidak perlu repot-repot membuat akun baru setiap kali lupa kata sandi.