Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Dicas

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Dicas dengan Benar

Cara mengatasi hp Vivo tidak bisa dicas sebenarnya tidak sulit banget. Anda bisa melakukan hal-hal dasar yang sekiranya bisa menyebabkan proses pengisian daya terganggu. Hp VIVO masih menjadi salah satu merek yang paling banyak diminati di Indonesia khususnya. Ponsel yang diharikan sesuai dengan selera muda-mudi,  sekaligus performa yang diberikan juga sangat cepat dan responsive.

Meski begitu, bukan berarti HP VIVO tidak pernah mengalami masalah error. Tidak jarang dari pengguna menemukan HP VIVO miliknya mengalami error atau kerusakan, misalnya saja HP yang tidak dapat dicharging atau dicas. Tentu saja hal ini terasa sangat menjengkelkan, karena ponsel bisa mati kehabisan daya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi HP VIVO tidak bisa dicas tersebut? Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Mengatasi HP VIVO Tidak Bisa Dicas

Hp Vivo yang tidak dapat mengisi daya saat dicas seperti ini, bisa disebabkan oleh banyak faktor. Bisa jadi karena kabel charger yang bermasalah, adaptor charger rusak, port charger di HP kotor,  atau bahkan kerusakan pada komponen dalam HP. Apa pun penyebabnya, yang paling penting di sini adalah bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut.

Adapun cara mengatasi HP VIVO tidak bisa dicas yang mudah dan ampuh selengkapnya, sebagai berikut.

1. Cek Charger yang Digunakan

Cara yang pertama untuk memperbaiki masalah HP VIVO yang tidak dapat mengecas adalah mengecek chargernya. Cek bagian kabel charger, apakah ada bagian yang terkelupas, terpelintir atau bahkan putus kabelnya. Jika memang menemukan salah satu dari tanda tersebut, maka cobalah untuk mengganti kabel charger dengan kabel USB lain.

Jika kabel USB charger dalam keadaan normal, bisa jadi kerusakan ada pada adaptor charger. Cobalah untuk menggantinya dengan adaptor charger lain, kemudian coba lakukan pengisian daya ulang pada hp. Disarankan Anda menggunakan adaptor dan kabel charger ORI atau sesuai dengan bawaan dari hp VIVO.

2. Cek Stop Kontak Penyebab Hp Vivo Tidak Bisa Dicas

Selain charger, Anda juga perlu memeriksa stop kontak yang digunakan untuk menancapkan charger hp VIVO. Stop kontak ulur biasanya juga sering mengalami kerusakan, baik itu kabel terbakar, kabel terputus, sambungan terputus, atau yang lain sebagainya. Hal ini tentunya akan membuat stop kontak tidak dapat mengalirkan listrik dengan baik, bahkan tidak bisa sama sekali.

Cobalah menggunakan stop kontak lain untuk menancapkan charger hp, lalu lakukan pengecasan ulang pada HP VIVO. Jika HP bisa terisi daya, dapat dipastikan kerusakan memang ada pada stop kontak tersebut.

3. Cek Port Charging di HP

Cara lainnya untuk mengatasi permasalahan hp VIVO yang tidak dapat dicas yakni dengan mengecek bagian port chargingnya. Bisa jadi HP yang tidak dapat dicas karena adanya debu atau kotoran yang menempel di dalam port tersebut. Atau bisa juga ada jarum di dalam port charging yang bengkok atau patah.

Mula-mula bersihkan lubang port charging di HP VIVO menggunakan cottonbud atau tusuk gigi, agar kotoran yang ada di dalamnya keluar. Jika dirasa sudah bersih, coba lakukan pengecasan ulang.

Jika tetap tidak bisa, maka Anda bisa melakukan pengecekan lebih dalam dengan melakukan pembongkaran. Apabila ditemukan kerusakan, seperti jarum yang bengkok atau patah, socket terputus, atau kondisi lainnya, segera lakukan perbaikan.

Itulah tadi cara mengatasi HP VIVO tidak bisa dicas yang paling mudah dan ampuh bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.