Cara Menghapus Cache Aplikasi di iPhone 6s

Cara Menghapus Cache Aplikasi di iPhone 6s Tanpa Ribet

Salah satu kekurangan iPhone yakni tidak menyediakan fitur pemasangan memori eksternal. Ini mengharuskan pengguna puas dengan kapasitas memori internal saja.  Sehingga, mau tidak mau terkadang membuat pengguna harus rutin menghapus dan memindahkan data. Nah, sudah tahu belum cara menghapus cache aplikasi di iPhone 6s?

Khususnya di perangkat iPhone 6s, salah satu cara untuk melegakan ruang memori di perangkat tersebut yakni dengan menghapus file cache pada aplikasinya. File cache sendiri merupakan file sampah yang umumnya tidak terlalu diperlukan. Meskipun mudah, namun tidak jarang pengguna yang tahu cara menghapus cache aplikasi di iPhone 6s tersebut. Pada artikel kali ini akan dijelaskan tata caranya yang bisa Anda simak dan terapkan.

Cara Menghapus Cache Aplikasi di iPhone 6s

Sangat mudah sebenarnya untuk menghapus file cache yang tersimpan di RAM dan juga memori internal iPhone 6s khususnya. Hanya saja, memang masih belum semua pengguna mengetahui cara satu ini. Adapun cara menghapus cache aplikasi di iPhone 6s yang mudah selengkapnya, sebagai berikut:

1. Lakukan Restart iPhone

Cara yang pertama untuk menghapus file cache yang tersimpan di iPhone 6s yakni dengan melakukan restart atau mulai ulang. Cara satu ini akan menghapus semua file cache yang tersimpan sementara di RAM. File tersebut akan dihapus secara permanen setelah iPhone dilakukan restart tersebut.

Untuk cara melakukan restart pada perangkat iPhone 6s ini sendiri yakni dengan menekan dan tahan tombol Sleep / Wake. Kemudian geser ikon Power Off ke arah kanan untuk mematikan iPhone. Jika sudah mati, selanjutnya Anda hidupkan kembali iPhone 6s dengan menekan dan tahan lagi tombol Sleep / Wake.

2. Menghapus File Cache di Browser

Browser merupakan salah satu aplikasi di iPhone yang paling banyak menyimpan data dan hal ini tentunya akan memakan banyak ruang di memori iPhone. Untuk itu, Anda harus rutin melakukan pembersihan atau penghapusan file yang tersimpan di browser iPhone, dalam hal ini adalah Safari. Untuk cara penghapusannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Settings atau ikon Gerigi pada perangkat iPhone 6s.
  • Gulir ke bawah, kemudian Anda klik pada opsi Safari.
  • Lanjutkan dengan klik opsi Clear History and Website Data yang ada di bawah opsi Privacy & Security.
  • Akan muncul notifikasi pop up di layar, selanjutnya Anda klik Clear History and Data untuk konfirmasi penghapusan.
  • Sekarang Anda sudah berhasil menghapus data di aplikasi browser Safari.
  • Selesai.

3. Hapus File Cache di Aplikasi Lain

Sementara untuk menghapus file cache yang tersimpan di aplikasi lain, caranya tidak jauh berbeda dengan yang sudah dijelaskan di atas. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  • Buka menu Settings atau ikon Gerigi yang ada di perangkat iPhone 6s.
  • Gulir ke bawah, lalu klik pada opsi General.
  • Lanjutkan dengan klik opsi iPhone Storage.
  • Di sana akan ditampilkan daftar aplikasi yang terpasang di perangkat iPhone 6s, beserta informasi kapasitas dari masing-masing aplikasi.
  • Sekarang Anda klik pada salah satu aplikasi yang ingin dihapus file cachenya.
  • Lanjutkan dengan klik tombol Offload App (jika ingin sistem menghapus aplikasi secara otomatis jika lama tidak digunakan) atau Delete App (untuk menghapus aplikasi secara keseluruhan). Konfirmasi penghapusan tersebut.
  • Jika memilih untuk menghapus aplikasi, selanjutnya Anda lakukan install ulang aplikasi jika memang masih diperlukan.
  • Selesai.

Itulah tadi cara menghapus cache di aplikasi iPhone 6s yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.