Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Salah satu upaya untuk memprivasi hp android yakni menguncinya dengan kata sandi atau password. Sehingga, ponsel tidak akan bisa diakses oleh sembarangan orang. Kecuali ia bisa memasukkan kata sandi yang benar. Kata sandi biasanya dibuat dengan kombinasi huruf dan angka yang unik. Untuk berjaga-jaga, beberapa orang ingin tahu cara membuka hp yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat.

Baca Juga  Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Tanpa Aplikasi

Sebab, terkadang kita sebagai pemilik HP suka lupa dengan kata sandi yang diterapkan pada HP tersebut. Alhasil kita tidak bisa lagi mengaksesnya karena lupa kata sandi. Kalau sudah begini, Anda sebenarnya bisa mengatasi dengan banyak metode. Salah satu cara untuk membuka kunci HP tersebut yakni menggunakan fitur Panggilan Darurat.

Berikut cara membuka HP yang lupa kata sandi menggunakan Panggilan Darurat. Tidak susah banget buat diterapkan lho.

Baca Juga  Cara Membuat Video Kinemaster Pro Tanpa Watermark

Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Banyak orang bilang HP android yang terkunci dan lupa password bisa dibuka dengan menggunakan Panggilan Darurat. Sejatinya, fitur Panggilan Darurat ini berguna untuk memudahkan pengguna untuk menghubungi kontak seseorang yang sebelumnya sudah dimasukkan ke daftar panggilan darurat.

Di kondisi terdesak atau darurat, Anda bisa melakukan panggilan ke nomor tersebut meski HP dalam keadaan terkunci sekalipun. Keberadaan fitur ini menurut beberapa pengguna bisa digunakan sebagai alternatif untuk membuka kunci layar HP yang lupa kata sandi atau pola kunci.

Baca Juga  Cara Mengubah Whatsapp Android Menjadi Iphone Terbaru

Nah, cara melakukannya sendiri sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama, Anda hidupkan layar HP yang masih terkunci password.
  2. Pada layar kunci tersebut, Anda klik menu Panggilan Darurat. Atau pada HP keluaran terbaru Anda tekan dan geser ke tengah layar pada ikon Panggilan yang ada di pojok layar, kemudian klik opsi Panggilan Darurat atau Emergency Call.
  3. Selanjutnya Anda klik pada kontak yang sebelumnya sudah dijadikan sebagai kontak panggilan darurat.
  4. Pada saat menelpon segera Anda klik tombol Home untuk masuk ke layar utama HP.
  5. Di kondisi ini Anda sudah berhasil masuk dan segera ubah kata sandi atau menonaktifkan kunci layar di HP tersebut.
  6. Selesai.
Baca Juga  Cara Menggunakan Kinemaster di PC Komputer atau Laptop

Meskipun terlihat mudah, nyatanya trik di atas tidak semudah yang dibayangkan. Kami pun sudah mencobanya, namun cara tersebut tidak berhasil membuka kunci HP yang lupa kata sandi atau pola. Hal ini mungkin karena perangkat HP berbasis android semakin canggih dalam segi keamanannya.

Cara Mengatasi Hp Android Lupa Password dengan ADB

Karena cara di atas tidak berhasil, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan ADB untuk bisa membuka kunci HP yang lupa password. Agar bisa melakukannya Anda perlu menggunakan perangkat PC atau laptop dan juga kabel data untuk penghubung HP ke PC. Untuk cara melakukannya sendiri, yakni:

  1. Langkah yang pertama, Anda siapkan PC atau laptop dan kabel data.
  2. Hubungkan HP yang lupa password ke PC atau laptop menggunakan kabel data tadi, pastikan HP sudah terdeteksi oleh PC atau laptop.
  3. Pada perangkat laptop Anda install aplikasi ADB, bisa dicari sendiri di internet untuk aplikasinya.
  4. Sekarang Anda buka Command Prompt melalui directori Instalasi ADB.
  5. Pada jendela Command Prompt yang ditampilkan di PC/laptop, sekarang Anda ketik perinta “adb shell rm/data/system/gesture.key” (tanpa tanda petik dua). Lalu tekan tombol Enter.
  6. Sekarang Anda buka layar HP seperti biasa tanpa harus memasukkan kata sandi. Segera masuk ke menu Pengaturan >> Keamanan >> dan ganti kata sandi atau matikan saja pengunci layarnya.
  7. Lakukan dengan cepat, dikarenakan layar kunci HP yang terbuka tersebut hanya bersifat sementara yakni hanya sekitar 5 menit.
  8. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah dan Cepat

Itulah tadi cara membuka HP yang lupa kata sandi menggunakan panggilan darurat dan alternatifnya. Semoga informasi di atas bermanfaat.