Cara Membuat Kode QRIS LinkAja Terbaru 2022

Cara Membuat Kode QRIS LinkAja Terbaru 2022 dengan Mudah

Di era modern sekarang ini, semua hal bisa dilakukan dengan mudah dan praktis. Misalnya saja untuk soal pembayaran, di mana kita sudah bisa melakukannya secara non-tunai menggunakan aplikasi pembayaran atau dompet digital. Salah satunya bernama LinkAja. Untuk mempersingkat transaksi, rasanya Anda perlu tahu cara membuat kode QRIS LinkAja.

Sebab, penggunaan QR Code sebagai pembayaran sudah umum dilakukan oleh pemilik usaha atau merchant. Jika belum tahu, QRIS merupakan sistem pembayaran tersandar dari BI dengan kode QR. Sama seperti dompet digital lain, pengguna LinkAja juga bisa menggunakan kode QRIS disetiap transaksi mereka.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan cara membuat kode QRIS LinkAja terbaru 2022. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah.

Tentang QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard)

QRIS merupakan salah satu sistem pembayaran terbaru yang yang menggunakan kode QR terstandar dari Bank Indonesia. Selain memudahkan proses transaksi atau pembayaran, metode satu ini juga sangat aman digunakan. Anda sebagai pemilik merchant sangat disarankan untuk menyediakan kode QRIS agar pembayaran bagi customer atau pelanggan semakin mudah.

Anda hanya perlu mendaftar akun di website QRIS dan membuat 1 kode QRIS saja. Dari satu kode QRIS ini, Anda sudah bisa menerima pembayaran menggunakan aplikasi apa pun, baik itu OVO, GoPay, LinkAja, DANA dan jenis aplikasi e-wallet lainnya.

Cara Membuat Kode QRIS LinkAja Terbaru 2022

Adapun cara bikin kode QRIS LinkAja sebenarnya sama dengan cara membuat kode QRIS untuk aplikasi dompet digital lain. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kode QRIS tidak dibuat hanya berdasarkan satu aplikasi saja, melainkan untuk banyak aplikasi.

Jadi, Anda hanya perlu membuat 1 kode QRIS dan nantinya kode tersebut bisa digunakan untuk menerima pembayaran dari berbagai aplikasi pembayaran atau dompet digital. Mengenai cara membuat kode QRIS LinkAja terbaru 2022 selengkapnya sebagai berikut:

Langkah 1. Login ke Akun QRIS

  1. Langkah yang pertama, Anda buka menu browser di perangkat smartphone atau komputer.
  2. Kemudian kunjungi situs QRIS dan login ke akun milik Anda.
  3. Jika belum memiliki akun QRIS, maka Anda perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Kunjungi halaman Registrasi Akun QRIS melalui LINK INI. https://qris.id/register

Langkah 2. Mengisi Formulir Pendaftaran

  1. Pada halaman pengisian formulir pendaftaran Anda isi secara lengkap dan benar.
  2. Pilih jenis usaha yang ingin Anda daftarkan, kemudian isi nama sesuai KTP dan jabatan di usaha tersebut.
  3. Masukkan juga nomor HP dan alamat email aktif yang Anda miliki.
  4. Selanjutnya, masukkan nama usaha dan juga dari mana Anda mengetahui QRIS.
  5. Jika sudah, sekarang Anda klik tombol Lanjut.

Langkah 3. Melakukan Pembayaran

  1. Setelah mengisi formulir pendaftaran, selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran.
  2. Pembayarannya sendiri bisa menggunakan berbagai metode, baik lewat GoPay, DANA, LinkAja, OVO, ShopeePay.
  3. Jika sudah, selanjutnya klik Verifikasi Pembayaran.
  4. Setelah pembayaran dikonfirmasi, nantinya Anda akan dikirimi username dan password akun melalui nomor HP atau email yang didaftarkan sebelumnya.

Langkah 4. Upload Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Sekarang Anda kunjungi lagi situs QRIS dan klik tombol LOGIN.
  2. Masukkan username dan password yang didapatkan lewat nomor HP atau email tadi.
  3. Selanjutnya, Anda perlu mengunggah perlengkapan dokumen yang dibutuhkan, seperti foto KTP, Nomor KK, dan lain sebagainya.
  4. Pihak QRIS akan melakukan pengecekan dan menyetujuinya jika memang dokumen yang diupload sudah benar.
  5. Sekarang, Anda sudah selesai mendaftarkan usaha ke QRIS dan kode QRIS akan langsung didapatkan.
  6. Selesai.

Itulah tadi cara membuat kode QRIS LinkAja terbaru 2022 yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.