Cara Daftar e-Form BRI Online Lewat HP Android

Cara Daftar e-Form BRI Online Lewat HP Android Terbaru 2022

Masa pandemi covid-19 yang berkelanjutan berdampak pada perekonomian di Indonesia yang semakin memburuk. Dalam hal ini pemerintah melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan memberikan bantuan tunai kepada pelaku usaha mikro. Inilah alasan mengapa banyak orang mencari tahu cara daftar e-Form BRI online.

Bentuk bantuannya berupa uang yang disalurkan melalui BPUM atau BLT UMKM. Namun, untuk mendapatkan bantuan tersebut ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Salah satunya yakni mendaftar e-Form BRI yang bisa dilakukan secara online maupun offline.

Baca Juga  Cara Menghapus Beberapa Kontak di iPhone Sekaligus Tercepat

Agar lebih praktis, Anda perlu mengetahui cara daftar e-Form BRI online lewat HP android saja. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini.

Cara Daftar e-Form BRI Online Lewat HP Android

Sangat mudah sebenarnya untuk mendaftar e-Form BRI secara online melalui ponsel. Tidak hanya melalui smartphone android saja, cara ini juga bisa Anda terapkan di perangkat PC atau laptop. Bagi Anda yang ingin mendapatkan bantuan BLT UMKM dari pemerintah, syaratnya harus sudah mendaftar e-Form BRI dahulu.

Baca Juga  Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Tanpa Aplikasi

Adapun cara daftar e-Form BRI online lewat HP android selengkapnya, sebagai berikut:

  1. Langkah yang pertama Anda buka browser di HP dan kunjungi situs e-Form BRI. https://eform.bri.co.id/home/
  2. Pada halaman utama situs tersebut, Anda klik menu Pendaftaran yang ada di bagian atas tampilan. Selanjutnya klik sub menu Rekening.
  3. Nantinya akan ditampilkan informasi mengenai fasilitas BRI, persyaratan dan juga informasi ketentuan lainnya. Lanjutkan dengan klik tombol Registrasi yang ada di bagian bawah tampilan.
  4. Selanjutnya akan ditampilkan informasi mengenai Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening. Baca agar Anda paham, kemudian jika sudah selanjutnya beri tanda centang pada opsi “Saya setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut di atas”. Kemudian klik tombol Buka Rekening.
  5. Pada halaman ini Anda diminta untuk mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar.
  6. Di sana juga akan ditampilkan nomor refrensi akun e-Form BRI, Anda cata dan simpan nomor tersebut.
  7. Selesai.
Baca Juga  Cara Membuka HP yang Lupa Kata Sandi Menggunakan Panggilan Darurat

Sudah melakukan pendaftaran akun e-Form BRI? Selanjutnya Anda bisa ke tahap berikutnya. Yaitu pengajuan bantuan BPUM atau BLT UMKM. Namun, ada syarat lain yang perlu Anda persiapkan selama proses pengajuan. Beberapa syarat yang harus dipenuhi tersebut, di antaranya:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia yang sudah memiliki KTP dan Kartu Keluarga.
  • Memiliki usaha kecil atau menengah. Inilah nanti yang akan diajukan untuk menerima bantuan modal usaha sejumlah Rp 1.2 juta.
  • Tidak sedang memiliki tanggungan KUR atau jenis tagihan lainnya.
  • Telah memiliki NIB atau SKU.
  • Penerima BPUM atau BLT UMKM bukanlah seorang ASN, karyawan BUMN atau BUMD dan juga anggota TNI / Polri.
Baca Juga  Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

Cara Cek Penerima BPUM atau BLT UMKM di eForm BRI

Setelah melakukan pengajuan bantuan UMKM, sekarang Anda bisa melakukan pengecekan status pengajuan tersebut melalui eform BRI. Cara untuk mengeceknya sendiri, yakni:

  1. Buka browser di perangkat smartphone atau komputer.
  2. Kemudian kunjungi halaman e-Form BRI.
  3. Pada halaman tersebut Anda klik pada menu Cek Data BPUM atau BPUM.
  4. Pada kolom yang tersedia, Anda ketik Nomor Induk Kependudukan atau NIK sesuai yang ada di KTP (di mana KTP ini digunakan untuk mendaftar eForm BRI dan pengajuan bantuan UMKM).
  5. Masukkan juga kode verifikasinya.
  6. Nantinya di layar akan ditampilkan status pengajuan Anda tersebut, apakah diterima atau tidak.
  7.  Selesai.
Baca Juga  Menggunakan Kinemaster untuk PC Komputer Laptop Tanpa Emulator

Itulah tadi cara daftar e-Form BRI online lewat HP android yang mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.