Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa dengan Benar

Cara mengganti password Gmail yang lupa ternyata baru diketahui segelintir orang. Mereka yang masih awam belum paham bahwasannya ini bukanlah pekerjaan susah. Sampai sekarang,  Gmail masih menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk urusan penggunaan layanan email. Selain bisa digunakan secara gratis, di Gmail juga diberikan banyak fitur menarik yang memudahkan pengguna dalam mengirim email.

Baca Juga  Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Selain itu, akun Gmail ini juga memungkinkan untuk kita gunakan mengakses semua produk dan layanan Google, termasuk untuk mengakses android.

Memiliki akun Gmail, tidak jarang dari kita suka lupa password atau kata sandi dari akun tersebut. Namun tidak perlu terlalu khawatir, karena di Gmail sudah disediakan fitur untuk memulihkan akun Gmail yang lupa kata sandi.

Baca Juga  Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Tanpa berlama-lama lagi, berikut informasi mengenai cara mengganti password Gmail yang lupa. Simak baik-baik langkanya berikut.

Cara Mengganti Password Gmail yang Lupa

Untuk memulihkan akun Email yang lupa password dan menggantinya dengan password baru, setidaknya ada 2 metode yang bisa dilakukan. Cara melakukannya pun sangat mudah dan tidak memerlukan langkah-langkah yang panjang. Bahkan Anda yang masih awam pun tidak akan kesulitan untuk menerapkan cara ini.

Baca Juga  Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Adapun cara mengganti password Gmail yang lupa selengkapnya, sebagai berikut:

Cara 1. Memulihkan Akun Gmail dengan Email Pemulihan

Cara yang pertama ini bisa dilakukan jika sebelumnya Anda sudah menambahkan email pemulihan pada akun Gmail yang lupa kata sandi. Yang tidak kalah penting, Anda bisa mengakses atau masuk ke akun email pemulihan tersebut.

Baca Juga  Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Karena nanti Google akan mengirim sebuah kode verifikasi ke alamat email pemulihan ini untuk memastikan benar-benar Anda yang melakukan pemulihan akun.

  1. Langkah yang pertama, Anda buka browser di HP atau komputer, kemudian kunjungi halaman website Gmail.com.
  2. Pada halaman login Gmail, Anda masukkan alamat email yang lupa passwordnya. Lalu klik tombol Berikutnya.
  3. Nantinya akan ditampilkan halaman untuk memasukkan password atau kata sandi. Karena di sini Anda lupa kata sandi akun Gmail, maka klik saja opsi Lupa Sandi? atau Forgot Password? yang ada di bawah kolom memasukkan password.
  4. Selanjutnya, Anda masukkan Kode Verifikasi yang telah dikirim ke alamat email pemulihan yang Anda gunakan. Login ke akun email pemulihan tersebut dan cek kode verifikasi yang dikirimkan oleh Google.
  5. Jika sudah ketemu, sekarang Anda masukkan kode verifikasi pada kolom yang disediakan, kemudian klik Berikutnya.
  6. Jika berhasil, Anda akan langsung diminta untuk membuat password baru untuk akun Gmail tersebut. Masukkan password baru dan konfirmasi password, lalu klik Simpan Kata Sandi.
  7. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Cara 2. Memulihkan Akun Gmail dengan Nomor HP

Sementara cara yang kedua ini bisa dipilih jika sebelumnya Anda telah mendaftarkan nomor HP ke akun Gmail sebagai nomor pemulihan. Untuk langkah-langkah melakukannya sendiri, yakni:

  1. Buka browser di HP atau komputer dan kunjungi halaman Gmail.com.
  2. Masukkan alamat email yang lupa password, lalu klik Berikutnya.
  3. Klik opsi Lupa Sandi? atau Forgor Passowrd? yang ada di bawah kolom untuk memasukkan password akun Gmail.
  4. Karena di sini tujuannya untuk memulihkan akun Gmail dengan nomor HP, maka Anda klik Coba Cara Lain atau Try Another Way.
  5. Google akan merekomendasikan Anda untuk melakukan pemulihan akun menggunakan nomor HP. Klik opsi SMS untuk mengirimkan Kode Verifikasi ke nomor HP yang terhubung ke akun Gmail tersebut.
  6. Selanjutnya Anda cek SMS yang masuk dari Google, kemudian masukkan Kode Verifikasi yang diterima tadi. Selanjutnya klik Berikutnya.
  7. Nantinya Anda akan langsung bisa masuk ke akun Gmail milik Anda. Jika ingin mengubah password akun, maka Anda bisa langsung masuk ke menu Kelola Akun Gmail dan buat password baru di bagian opsi Keamanan Akun.
  8. Selesai.
Baca Juga  Cara Mengetahui Password Gmail yang Lupa di Android Termudah

Itulah tadi cara mengganti password Gmail yang lupa dan bisa coba Anda terapkan sendiri. Semoga informasi di atas bermanfaat.