Cara Memotong Lagu di Aplikasi Capcut Paling Mudah

Cara Memotong Lagu di Aplikasi Capcut Paling Mudah untuk Pemula

Capcut merupakan salah satu aplikasi edit video yang paling populer saat ini. Aplikasi satu ini hadir untuk memudahkan pengguna dalam mengedit video secara instan hanya melalui genggaman smartphone. Dibekali dengan antarmuka yang sederhana, memungkinkan aplikasi tersebut digunakan dengan mudah bahkan bagi pengguna awam. Seperti cara memotong lagu di aplikasi Capcut berikut.

Di aplikasi Capcut kita bisa menambahkan audio atau lagu pada video yang diedit. Misalnya saja untuk mengedit video jedag-jedug, kita bisa menyesuaikan suara musik dengan video yang dibuat jedag-jedug tersebut. Terkadang saat memasukkan lagu atau musik di Capcut, musik terlalu panjang sehingga perlu dipotong. Sayangnya masih banyak pengguna yang belum tahu cara memotong lagu di aplikasi Capcut tersebut. Informasi selengkapnya bisa kalian simak di bawah ini!

Cara Memotong Lagu di Aplikasi Capcut Paling Mudah

Untuk memotong lagu atau musik di Capcut, yakni memanfaatkan fitur pemotong audio yang disediakan di dalamnya. Untuk urusan pemotongan lagu di Capcut, tidak hanya memotong bagian depan dan belakang audio saja yang bisa dilakukan. Melainkan juga memungkinkan untuk memotong bagian tengah audio.

Adapun cara memotong lagu di aplikasi Capcut paling mudah selengkapnya, sebagai berikut:

Langkah 1. Menambahkan Lagu ke Capcut

Cara yang pertama harus dilakukan yakni dengan menambahkan lagu yang ingin dipotong ke aplikasi Capcut. Ya, kita tidak hanya bisa menambahkan lagu dari perpustakaan musik di Capcut saja, melainkan juga bisa mengambil dari menu Galeri HP.

Mengenai cara pengambilan atau penambahan lagu ke aplikasi Capcut tersebut, yakni:

  1. Langkah pertama buka aplikasi Capcut di perangkat smartphone Anda.
  2. Pada halaman utama aplikasi, Anda klik menu Proyek Baru.
  3. Kemudian pilih video yang ingin diedit di Capcut.
  4. Selanjutnya Anda tambahkan musik atau lagu yang ingin dipotong dengan cara klik menu Audio yang ada di bagian bawah tampilan.
  5. Kemudian klik pada opsi Suara di bagian bawah tampilan, lalu klik pada tab Suara Anda. Lanjutkan dengan klik opsi Dari Perangkat, lalu cari dan pilih lagu yang ingin dipotong dengan klik tombol Tambah yang ada di sebelahnya.
  6. Dengan demikian lagu akan langsung ditambahkan ke halaman pengeditan video.

Langkah 2. Memotong Bagian Belakang Lagu

Lagu yang dimasukkan terkadang lebih panjang dibandingkan video yang Anda unggah ke Capcut. Untuk itu, Anda perlu melakukan pemotongan lagu di bagian belakangnya agar durasi putarnya sama.

  1. Pastikan Anda sudah menambahkan lagu ke halaman pengeditan video.
  2. Untuk melakukan pemotongan bagian belakang lagu, Anda klik saja layer lagu atau audio yang sudah ditambahkan tadi.
  3. Kemudian pada garis putih yang ada di bagian ujung belakang lagu, Anda tekan dan geser ke arah kini hingga durasinya sama dengan video atau sesuai keinginan.
  4. Dengan demikian secara otomatis durasi lagu akan menjadi pendek dan terpotong otomatis.

Langkah 3. Memotong Lagu di Aplikasi Capcut Bagian Depan dan Tengahnya

Sementara untuk langkah yang ketiga ini bisa diterapkan jika Anda ingin memotong badian depan dan tengah lagu. Caranya tidak jauh berbeda dengan langkah 2 di atas.

  1. Untuk memotong bagian depan lagu, Anda geser dan posisikan garis timeline (garis putih) tepat di batas lagu yang ingin di potong.
  2. Kemudian klik pada layer lagu hingga muncul beberapa opsi di bawahnya, kemudian klik opsi Bagi.
  3. Sekarang lagu akan menjadi dua bagian, Anda klik layer lagu di bagian depan. Untuk menghapusnya tinggal klik opsi Hapus.
  4. Untuk menghapus bagian tengah lagu caranya sama, tinggal Anda posisikan garis time line di batas lagu yang ingin di potong, baik bagian depan tengah dan belakang tengah. Pilih layernya dan klik Hapus.

Itulah tadi cara memotong lagu di aplikasi Capcut paling mudah dan praktis bisa Anda terapkan. Semoga informasi di atas bermanfaat.