Cara Membuat Video Cinematic Menggunakan HP

Kiat-kiat ini akan membantu Anda membawa pembuatan film di smartphone Anda ke tingkat profesional.

Jika Anda hanya memiliki satu-satunya kamera yaitu kamera yang ada pada smartphone Anda. Maka Anda mungkin stres tentang rintangan yang harus Anda atasi untuk membuat sinematografi Anda terlihat sebaik mungkin.

Namun jangan khawatir, pembuat film Zach Ramelan membagikan beberapa tips dalam video terbarunya untuk membantu Anda mengatasi tantangan syuting di smartphone. Simak di bawah ini.

Cara Membuat Video Cinematic Menggunakan HP

1. Variasikan frame rate Anda

Jika ponsel Anda memiliki fitur ini, gunakan frekuensi gambar yang berbeda. Bidik pada 24 fps untuk bidikan “tampak sinematik”. Bidik pada 60 fps untuk bidikan aksi/olahraga. Bidik pada kecepatan bingkai yang lebih tinggi untuk bidikan gerakan lambat yang indah. Cobalah untuk memasukkan berbagai macam frekuensi gambar ke dalam video Anda.

Baca Juga  Cara Membuka Cadangan WhatsApp di Google Drive

2. Pencahayaan yang baik adalah kuncinya

Adalah kesalahpahaman bahwa kamera membuat gambar terlihat sinematik. Belum tentu. Ini adalah kombinasi dari banyak elemen sinematik yang berbeda, seperti gerakan kamera, pemblokiran, kostum, dan desain set. Tapi mungkin salah satu alat terbaik yang Anda miliki adalah pencahayaan. Itu sebabnya Ramelan menyarankan untuk mengambil foto pada saat golden hour, saat sebelum matahari terbit dan tepat setelah matahari terbenam, karena saat itu cahayanya lembut dan hangat dan sangat indah.

Baca Juga  Cara Memotong Video di Kinemaster dengan Mudah

Dan itu hanya satu opsi yang sangat sederhana dan gratis. Dengan lampu dan pengubah di tempat, kerjakan pengaturan pencahayaan yang akan membuat gambar Anda terlihat lebih sinematik dan profesional.

3. Gunakan stabilizer

Smartphone tidak seberat DSLR atau kamera bioskop, dan tidak dirancang untuk merekam video, jadi Anda mendapatkan banyak guncangan kamera saat menggunakannya. Inilah sebabnya mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam stabilizer kamera ponsel seperti gimbal atau rig genggam. Tidak hanya bidikan Anda akan terlihat mulus, tetapi Anda juga dapat melakukan bidikan pelacakan, penggeser, dan orbit yang menambah nilai produksi Anda.

Baca Juga  Begini Cara Mencari dan Melacak Iphone yang Hilang

4. Gunakan resolusi tinggi

Mengapa merekam 4K untuk video smartphone? Karena itu memberi Anda banyak kelonggaran dan kebebasan saat Anda menerima surat. Anda dapat memotong jika perlu, membuat bidikan pelacakan dengan menambahkan beberapa bingkai kunci posisi, atau downsampling jika perlu.

5. Gunakan pengaturan khusus

Jika kamera Anda dapat membuat pengaturan khusus, lakukanlah! Sesuaikan kecepatan rana, apertur, dan ISO untuk mendapatkan gambar yang Anda inginkan. Anda bahkan mungkin dapat menyesuaikan kedalaman bidang untuk mendapatkan bokeh indah yang sering kali kurang dalam sinematografi smartphone.

Baca Juga  Cara Mengatasi HP Android yang Lemot Tanpa Aplikasi

Jika Anda tidak dapat membuat pengaturan khusus dengan kamera Anda, ada sejumlah aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk melakukannya. Seperti FiLMic Pro dan aplikasi serupa yang lainnya.

6. Jangan perlakukan ponselmu seperti ponsel

Saya tahu bahwa pembuatan film smartphone masih terus berlanjut dan dipandang tidak profesional. Tapi dengar, begitu banyak karya sinematik tingkat profesional yang indah diambil dengan smartphone. Jangan perlakukan ponsel Anda seperti ponsel! Sean Baker memotret Tangerine di iPhone 5 dan Steven Soderbergh memotret High Flying Bird di iPhone 8 (dan Unsane di iPhone 7). Mereka memperlakukannya seperti alat sinematik dan Anda harus melakukan itu juga.

Baca Juga  Tutorial Cara Cepat dan Mudah Mengubah Suara Menjadi Teks

Leave a Reply

Your email address will not be published.