Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah dan Cepat

Seiring waktu ponsel akan mengalami penurunan performa salah satunya yaitu karena banyaknya file sampah yang menumpuk atau biasa disebut cache. Nah disini kami akan memberi solusi kepada kamu agar ponsel dapat berjalan lebih cepat kembali.

Berikut dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan

1. Hapus partisi cache

Partisi cache terpisah dari cache data aplikasi kamu dan berisi file sementara. Sebaiknya bersihkan ini dari waktu ke waktu. Untuk melakukan ini, kamu perlu boot ke mode pemulihan.

Metode memasuki mode pemulihan bervariasi tergantung pada perangkat. Setelah masuk mode pemulihan, gunakan tombol volume untuk menavigasi dan tombol daya untuk memilih item. Kamu dapat menghapus partisi cache.

Baca Juga  Cara Memotong Video di Kinemaster dengan Mudah

2. Coba launcher pihak ketiga

Sistem operasi Android memiliki salah satu keunggulan yaitu tampilan yang dapat didesain sesuai dengan keinginan pengguna.

Untuk perubahan ini, pengguna Android biasanya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi launcher, yang bisa membuat tampilan home screen berbeda dengan tampilan default.

Ini juga dapat membantu kinerja ponsel kamu lebih cepat. Launcher berisi aplikasi seperti Nova Launcher, GO Launcher EX atau Apex Launcher.

Baca Juga  Tutorial Cara Membuat File Pdf dengan Mudah dan Cepat

3. Setel ulang pabrik

Sebelum melakukan factory reset ponsel kamu menggunakan metode factory reset, disarankan agar kamu mentransfer data yang ada di ponsel ke komputer atau laptop kamu karena file akan hilang.

Penyetelan ulang pabrik dapat mengembalikan ponsel kamu ke keadaan semula saat disetel ulang pabrik. Hal ini dikatakan dapat membersihkan data yang tidak jelas dari aplikasi yang tersisa dan kode yang rusak yang dapat mempengaruhi kinerja.

Baca Juga  Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

4. Jangan memasang pembersih ruang

Meskipun terlihat bermanfaat dan menjanjikan, menginstal aplikasi yang bertugas mengosongkan ruang dianggap sebagai faktor dalam ponsel cerdas yang lambat.

Menggunakan penyedia pihak ketiga untuk membersihkan ruang penyimpanan disalahkan atas kekuatan pemrosesan cloud di Android, seperti di aplikasi Clean Master.

Perangkat lunak Android dapat mengelola memorinya sendiri secara efisien. Disarankan untuk tetap menggunakan pembersih yang sudah diinstal sebelumnya di Android masing-masing.

Baca Juga  Cara Membuat Video Kinemaster Pro Tanpa Watermark

5. Mulai ulang ponsel kamu

Pemulihan yang cepat dan mudah saat ponsel kamu lambat adalah dengan memulai ulang atau memulai ulang ponsel kamu. Dengan begitu, kamu dapat menghapus cache, menghentikan tugas yang tidak perlu, dan menjalankan semuanya dengan lancar kembali.

Cukup tahan tombol daya, lalu pilih opsi Mulai Ulang dan tekan OK untuk mengonfirmasi perintah.

Baca Juga  Cara Membuka Cadangan WhatsApp di Google Drive

Ini adalah beberapa cara untuk melewati ponsel Android yang lambat dan membuat ponsel kamu lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.