Tanda WhatsApp Kamu Dibajak dan Cara Memulihkannya

Waspadalah terhadap akun media sosial kamu seperti WhatsApp terhadap tangan jahat, yaitu pembajakan atau penyadapan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kamu perlu memeriksa apakah kamu adalah korban penyadapan atau tidak karena sangat berbahaya jika kamu tidak hati-hati.

Beberapa waktu lalu, polisi siber membagikan bukti akun WhatsApp yang dibajak di unggahan media sosial.

Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri WhatsApp yang kena bajak.

1. Akun LogOut Secara Tiba-tiba dari Aplikasi

WhatsApp memiliki fungsi multi-layanan yang memungkinkan satu akun digunakan di banyak perangkat. Namun, ini masih dalam versi beta dan mungkin tidak diaktifkan oleh semua pengguna.

Jika kamu salah satu yang tidak menggunakannya dan akun WhatsApp kamu tiba-tiba berhenti dengan sendirinya, maka kamu harus berhati-hati. Karena ini adalah fitur dari akun yang sedang digunakan oleh pihak lain dengan nomor ponsel yang sama dengan milik kamu.

Baca Juga  Keren, Begini Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

2. Pesan Telah Dibaca

Fitur lainnya adalah ada pesan yang sudah dibaca meskipun kamu tidak pernah merasa membaca pesan tersebut.

3. Pesan Terkirim Tanpa Sepengetahuan Pengguna

Selanjutnya adalah pesan terkirim yang kamu rasa tidak pernah kamu kirim. Jika ada tanda-tanda ini, kamu harus mulai curiga bahwa seseorang telah berhasil membobol akun WhatsApp kamu.

Baca Juga  Cara Melihat Status Whatsapp Orang Lain Tanpa Ketahuan Pemilik

4. WhatsApp Web Tiba-tiba Aktif

Untuk memeriksa apakah orang lain menggunakan akun kamu, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas. Kemudian pilih mode web WhatsApp. Di menu kamu akan melihat daftar aplikasi mana yang terhubung ke akun kamu.

Cara memulihkan akun WhatsApp yang dibajak oleh orang lain:

1. Keluar dari WhatsApp Web

Jika web WhatsApp pengguna aktif tanpa mengaktifkan pengguna, segera hapus dari web WhatsApp. Caranya cukup log out atau keluar menggunakan smartphone.

Baca Juga  Cara Menggunakan Google Meet di PC/Laptop Tanpa Donwload Aplikasi

2. Pasang Kata Sandi Sidik Jari

Memasang kata sandi sidik jari bisa menjadi cara yang aman untuk melindungi akun WhatsApp kamu. Cara mengaktifkannya dengan mengklik tiga titik di sudut kanan atas, pilih Privasi, klik kunci sidik jari dan aktifkan. Daftar dan pasang sidik jari. Terakhir, pilih waktu yang kamu inginkan untuk aplikasi frasa otomatis.

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Uang Tercepat yang Terbukti Membayar

3. Metode Verifikasi Dua Faktor

Untuk mencegah WhatsApp dibajak atau disadap oleh orang lain, langkah verifikasi dua faktor ini sangat baik. Untuk mengaktifkannya, klik tiga titik di pojok kanan atas, lalu pilih Pengaturan, Akun, dan Verifikasi Dua Langkah. Pilih Aktifkan kemudian masukkan enam kode yang diinginkan dan alamat email untuk memulihkan kode jika pengguna lupa.

Baca Juga  Inilah Rekomendasi Aplikasi Live Streaming Sepakbola Terbaik

4. Nonaktifkan Akun

Cara memulihkan WhatsApp yang baru dibajak dengan mengirim email ke support@whatsapp.com. Dalam email tersebut, dijelaskan bahwa pengguna ingin menonaktifkan akun WhatsApp. Setelah akun dinonaktifkan , pengguna mempunyai pilihan untuk mengaktifkan kembali akun lama selama 30 hari sebelum akun WhatsApp benar-benar dihapus.