Cara Mengubah Kesalahan Data di Sertifikat Vaksin

Kartu vaksinasi berisi nama, NIK, tanggal lahir, tanggal vaksinasi dan jenis vaksin. Jika ada kesalahan pada data ini, masyarakat dapat segera melaporkannya untuk diubah. Kepala Dinas Komunikasi dan Pengabdian Masyarakat Kementerian Kesehatan Widyawati mengatakan, kendala yang dihadapi masyarakat bisa disampaikan melalui email.

“Proses perbaikan dapat dilakukan dengan mudah melalui email Certificate@pedulilindungi.id,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (14/8/2021).

Cara Mengubah Kesalahan Data di Sertifikat Vaksin

Bagi yang ingin mengubah data diri dapat mengirimkan email ke certificate@pedulilindungi.id dengan format:

Nama lengkap, NIK KTP, tempat, tanggal lahir dan nomor handphone serta penjelasan data mana yang ingin diubah. Selain itu, email dengan biodata lengkap, selfie dengan ID dan alasan pengaduan harus dilampirkan.

Baca Juga  Cara Cek Sertifikat Vaksin di Website dan Aplikasi Peduli Lindungi

Jika Anda belum menerima kartu vaksinasi

Sertifikat vaksin biasanya tersedia setelah masyarakat memvaksinasi dosis pertama. Namun, terkadang sertifikat vaksinasi tidak pernah muncul di Peduli Lindungi. Untuk mengatasinya, Anda dapat melaporkan masalah ini ke tim Peduli Lindungi. Caranya sama seperti saat melaporkan perubahan data di Peduli Lindungi. Berikut caranya:

1. Kirim email ke certificate@pedulilindungi.id dengan format: nama lengkap, NIK KTP, kota, tanggal lahir dan nomor ponsel, serta keluhan bahwa sertifikat tidak dapat diakses.

Baca Juga  Cara Cek Sertifikat Vaksin di Website dan Aplikasi Peduli Lindungi

2. Sertakan foto KTP dengan NIK yang jelas dan foto selfie dengan KTP dan kartu vaksinasi.

3. Tunggu respon dari tim Peduli Lindungi.

Fungsi sertifikat vaksin

Kondisi perjalanan

Fungsi kartu vaksinasi diperlukan sebagai syarat perjalanan selama PPKM. Perjalanan yang memerlukan kartu vaksinasi adalah perjalanan antarkota atau jarak jauh. Ketentuan perjalanan ini berlaku baik untuk kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bus, kereta api, pesawat atau kapal laut.

Baca Juga  Cara Cek Sertifikat Vaksin di Website dan Aplikasi Peduli Lindungi

Persyaratan masuk untuk pusat perbelanjaan

Kartu vaksinasi juga diperlukan bagi warga yang ingin memasuki pusat perbelanjaan atau pusat perbelanjaan. Aturan ini terutama berlaku di wilayah PPKM 4 yang termasuk dalam kajian protokol kesehatan di pusat perbelanjaan. Bidang yang melaksanakan studi ini meliputi:

Provinsi DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Semarang, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Cimahi, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik dan Kabupaten Bangkalan.

Baca Juga  Cara Cek Sertifikat Vaksin di Website dan Aplikasi Peduli Lindungi

Untuk masuk ke dalam mall, pengunjung harus menunjukkan aplikasi Peduli Protect yang dilengkapi dengan sertifikat vaksinasi.