Apa Itu Tiktok Pixel, Manfaat dan Cara Setting yang Benar

Apa itu Pixel TikTok?

TikTok Pixel adalah potongan kode HTML yang dimuat setiap kali pengguna mengunjungi situs web. Saat ada pengguna yang mengunjungi situs Anda, Pixel akan aktif dan akan melacak perilaku dan konversi pengguna.

Baca Juga  Cara Mengubah Akun TikTok Menjadi Akun Bisnis (Pro)

Pixel difungsikan untuk memperoleh data yang dibutuhkan pemasar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana pengunjung berinteraksi dengan situs Anda.

Beberapa manfaat umum menggunakan Pixel:

  • Ukur kinerja kampanye: Ukur kinerja dan konversi iklan Anda berdasarkan serangkaian peristiwa yang Anda tentukan.
  • Optimalkan penayangan iklan: Menetapkan peristiwa sebagai sasaran pengoptimalan memungkinkan sistem menargetkan pengguna yang kemungkinan besar akan melakukan tindakan tersebut di situs Anda, seperti menambahkan ke keranjang, mendaftar, menyelesaikan pembayaran, dll.
  • Bangun pemirsa perilaku: Lacak pengguna di situs Anda, lalu buat pemirsa khusus atau pemirsa serupa berdasarkan cara mereka terlibat dan di mana mereka mendarat di corong Anda. Audiens ini kemudian dapat digunakan untuk retargeting atau pemasaran ulang.
Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Beriklan di TikTok Ads dengan Mudah

Bagaimana cara mengatur TikTok Pixel?

Untuk mengatur Pixel TikTok Anda dan memaksimalkannya, Anda harus mengikuti enam langkah utama ini:

  • Buat Pixel: Beri nama Pixel Anda dan dapatkan kode pikselnya.
  • Instal Pixel: Anda dapat menambahkan kode Pixel ke situs web Anda secara manual atau melalui Google Pengelola Tag.
  • Download TikTok Pixel Helper: Tool ini berfungsi untuk memeriksa apakah kode Pixel telah ditambahkan dengan benar dan apakah peristiwa dapat dipicu dengan sukses.
  • Pilih kategori industri: Pilih kategori industri yang sesuai dengan skenario bisnis Anda untuk membuat rangkaian acara yang sesuai.
  • Tentukan event: Tentukan serangkaian event untuk melacak tindakan pengguna. Anda dapat menentukan aturan pelacakan untuk setiap event dengan memilih Klik Elemen, URL Tujuan, atau event pop-up.
  • Buat iklan dan lihat data: Tautkan Pixel dan pilih event sebagai tujuan pengoptimalan pada tingkat grup iklan, . Setelah kampanye ditayangkan, Anda dapat melihat semua data acara di Pengelola Acara.
Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Membuat Akun TikTok Bisnis

Namun perlu diingat, TikTok Pixel saat ini hanya mencatat konversi sesi tunggal. Yang artinya pengguna harus mengklik iklan dan menyelesaikan konversi dalam sesi yang sama. Jika ya, konversi akan dikaitkan dengan TikTok. Jika pengguna keluar dan kembali lagi nanti melalui browser, konversi tidak akan terkait dengan TikTok.