Guru Honorer dan non PNS Dapat BSU Rp1,8 Juta, Daftar Disini

Pada masa pandemi seperti ini, pemerintah akan kembali memberikan BSU atau bantuan subsidi upah untuk guru honorer dan guru non-PNS (PNS) sebesar Rp 1.800.000 per orang pada tahun 2021.

Agar bisa mendaftar Rp 1.800.000 sebagai penerima BSU pada tahun 2021 untuk guru honorer dan guru non-PNS, harap segera mengakses link info.gtk.kemdikbud.go.id.

Baca Juga  Simak Inilah Syarat Agar Mendapatkan Subsidi Listrik Hingga 50%

Pada saat guru honorer dan guru non-PNS membuka tautan atau link tersebut diatas, nantinya akan diminta melampirkan email pribadi dan memenuhi persyaratan lainnya.

BSU diketahui sebesar Rp 1.800.000 untuk guru honorer dan non-PNS dari pemerintah untuk meringankan beban para pekerja sektor pendidikan yang terdampak pandemi.

Selain itu, BSU 2021 untuk guru relawan dan non-PNS akan dilakukan pemerintah untuk mendukung tenaga kerja siswa selama kebijakan PPKM.

Baca Juga  Kabar Baik, BLT Subsidi Gaji Akan Dilanjutkan Hingga Krisis Berakhir

Berikut 6 syarat yang berhak mendapatkan BSU bagi guru honorer dan guru non-PNS pada tahun 2021:

1. Harus Warga Negara Indonesia (WNI).
2. Harus berstatus PTK non-PNS.
3. Wajib terdaftar dan aktif di database pendidikan (Dapodik) atau database universitas (PDDikti) per tanggal 30 Juni 2020.
4. Belum memperoleh Bantuan Subsidi Upah atau gaji sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020 dari kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sumber daya manusia.
5. Bukan sebagai penerima Kartu Prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020.
6. Penghasilan yang dimiliki harus kurang dari Rp 5 juta per bulan yang dibuktikan dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM).

Baca Juga  Mudah Banget, Begini Cara Daftar Program Indonesia Pintar (PIP) 2021

Bagaimana cara mendaftar BSU untuk guru honorer dan guru non-PNS. Perhatikan 5 pedoman berikut:

1. Buka aplikasi atau browser info.gtk.kemdikbud.go.id.
2. Masukkan alamat email dan kata sandi Anda yang telah terdaftar.
3. Download dan cetak kwitansi dan SPTJM, lalu tempel dan tandatangani stempel.
4. Bawa sejumlah persyaratan yang berupa KTP, NPWP, bukti penerima (surat keputusan penerima guru honorer BSU) dan SPTJM yang dimateraikan dan ditandatangani ke bank penyalur.
5. Bank penyalur segera melakukan pengecekan kelengkapan dokumen, kemudian honor guru bisa disetorkan ke rekening atau langsung ditarik tunai.

Baca Juga  Inilah Syarat dan Cara Daftar KIP Kuliah (Kartu Indonesia Pintar) 2021