Panduan Cara Memilih Asuransi Mobil Syariah Terbaik

Asuransi Mobil Syariah – Bagaimana Anda memilih perusahaan dan jenis asuransi yang tepat untuk kebutuhan Anda?

Pentingnya melindungi kendaraan bermotor dan diri Anda sendiri melalui asuransi syariah dan konvensional tidak terlepas dari kekhawatiran Anda terhadap risiko kecelakaan yang dapat membahayakan keselamatan jiwa Anda dan kendaraan bermotor Anda. Namun, karena saking banyaknya perusahaan asuransi dan produk yang ditawarkan dapat menyebabkan kebingungan ketika memilih asuransi mobil terbaik untuk mobil Anda.

Ada lima hal yang harus Anda pahami sebelum memilih asuransi mobil syariah.

1. Tingkat perlindungan yang diperlukan

Ada dua jenis perlindungan yang ditawarkan Asuransi mobil syariah, yaitu All Risk dan Total Loss Only (TLO). Asuransi TLO menawarkan perlindungan jika mobil mengalami kerusakan hingga lebih dari 75%, hilang karena pencurian atau pencurian. Sementara itu, All Risk menawarkan perlindungan menyeluruh, baik kerusakan kecil, kerusakan berat maupun risiko kerugian.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Asuransi Mobil Online Terbaik 2021

Biasanya kedua jenis proteksi tersebut memiliki area proteksi yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Sebagai contoh andai kata Anda bertempat tinggal pada area yang sering terkena banjir, maka sangat penting untuk Anda mengambil perlindungan tambahan terhadap risiko ini. Yang harus dijadikan faktor penentu ketika memilih perusahaan asuransi adalah jenis perpanjangan pertanggungan. Pastikan Anda pilih perlindungan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga  Rekomendasi Asuransi Mobil Murah dan Berkualitas

2. Perhitungan premi asuransi mobil

Besaran premi yang dibayarkan nasabah dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu jenis perlindungan, jenis dan umur kendaraan, serta kategori wilayah tempat kendaraan tersebut berada, sesuai dengan peraturan Perbankan. Otoritas Layanan. Biasanya yang memiliki premi yang lebih tinggi adalah kendaraan yang berusia lebih dari lima tahun karena biaya pemuatan. Jadi usia mobil yang semakin tua, semakin tinggi premi asuransi untuk mobil tersebut.

Baca Juga  Rekomendasi 5 Asuransi Mobil Online Terbaik 2021

Begitu pula dengan lokasi di mana kendaraan tersebut digunakan. Oleh Otoritas Jasa Keuangan wilayah dibagi menjadi tiga bagian; Region 1 meliputi Sumatera dan pulau-pulau sekitarnya, Region 2 meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten serta Region 3 selain Region 1 dan 2. Rincian regional ini juga mempengaruhi besaran premi asuransi mobil Anda.

3. Reputasi perusahaan asuransi

Sangat penting untuk mengetahui dan membandingkan reputasi berbagai perusahaan asuransi yang menawarkan layanan dan premi yang berbeda. Reputasi ini dapat diukur dengan melihat modal berbasis risiko, metrik likuiditas, dana jaminan, dan faktor-faktor lain yang terkait dengan kinerja keuangan perusahaan dan kualitas layanan yang diberikan. Anda harus memastikan juga bahwa perusahaan asuransi tersebut terdaftar di Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) dan Otoritas Jasa Keuangan.

Baca Juga  Rekomendasi Asuransi Mobil Murah dan Berkualitas

4. Workshop mitra perusahaan asuransi

Penting juga saat Anda memilih asuransi mobil syariah untuk mengetahui daftar bengkel mitra yang bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Jika terjadi kerusakan pada mobil Anda, bengkel inilah yang melakukan perawatan dan perbaikan. Anda perlu mempertimbangkan beberapa pertanyaan ini, termasuk apakah ada bengkel mitra di daerah Anda? Bagaimana kinerja dan pelayanan bengkel mitra? Apakah bengkel mitra menjual suku cadang yang dijamin asli?

Baca Juga  Rekomendasi Asuransi Mobil Murah dan Berkualitas

5. Mengetahui hak dan kewajiban

Sebagai pelanggan sangat penting untuk mengetahui hak dan kewajiban Anda . Pastikan Anda mengetahui dengan pasti apa saja klaim atau ketentuan risiko yang ditanggung, karena setiap polis asuransi mobil syariah memiliki polis yang berbeda-beda.