Penting! Begini Cara Trading Emas Online yang Aman

Investasi bursa berjangka di Indonesia banyak diminati, namun masih terbatas pada kalangan tertentu. Namun seiring berjalannya waktu dan pemahaman masyarakat tentang pasar berjangka semakin meningkat, investasi ini semakin mendapat perhatian karena banyak manfaatnya.

Bursa berjangka adalah tempat atau fasilitas yang digunakan untuk memperdagangkan kontrak berbagai komoditas atau instrumen keuangan. Investor yang melakukan perdagangan di bursa berjangka biasanya disebut sebagai trader.

Baca Juga  Fatwa MUI Tentang Trading Saham - Bagian 2

Pilihan produk yang diperdagangkan juga bervariasi, antara lain valas, emas, perak, minyak mentah, dan indeks saham. Perdagangan di bursa berjangka adalah instrumen yang menawarkan potensi dan peluang keuntungan terbaik dalam waktu yang relatif singkat

Dengan berinvestasi di bursa berjangka, trader dapat dengan leluasa menentukan waktu yang tepat untuk trading, karena pasar dan opsi umumnya tersedia dari Senin hingga Sabtu 24 jam sehari.

Baca Juga  Berikut Inilah Beberapa Cara Trading Emas Agar Untung

Untuk berinvestasi di bursa berjangka, Anda sangat perlu mempunyai ilmu dan pengetahuan. Tidak perlu terburu-buru jika Anda tidak tahu cara kerjanya dan platform trading apa yang digunakan. Perusahaan pialang biasanya menawarkan akun demo yang dapat digunakan pemula untuk berlatih.

DAFTAR ISI

Perdagangan emas online di bursa berjangka

Seperti yang telah disebutkan, transaksi di bursa berjangka hanya tentang nilai kontrak komoditas atau mata uang. Oleh karena itu, transaksi di bursa ini sama sekali tidak melibatkan aktivitas fisik, sehingga di akhir transaksi Anda tidak akan menerima pengiriman barang, melainkan langsung menerima potensi untung atau rugi dari transaksi tersebut.

Baca Juga  Tips Trading Saham untuk Pemula yang Wajib Diketahui

Hal ini sangat penting bagi Anda yang tertarik dengan peluang trading emas.

Emas berjangka dengan kode XAU diperdagangkan di bursa, berikut beberapa keuntungan dari perdagangan emas online:

1. Pasar sangat likuid dan karenanya dapat dilakukan kapan saja;
2. Jam trading 24 jam sehingga potensi atau opsi transaksi selalu terbuka lebar;
3. Tidak ada pengiriman fisik, tidak perlu khawatir tentang keamanan dan biaya penyimpanan;
4. Transaksi dilakukan secara online sehingga lebih fleksibel dan dapat dilakukan dimana saja selama terhubung dengan internet;
5. Ada fungsi tuas yang memungkinkan Anda untuk berdagang dengan rasio modal yang lebih rendah yang diperlukan untuk setiap lot yang akan diperdagangkan.

Baca Juga  Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terpercaya untuk Pemula

Perusahaan pialang yang tepat memudahkan transaksi Anda

Agar dapat berpartisipasi dalam transaksi, investor individu membutuhkan perusahaan pialang yang memungkinkan dan menyediakan platform perdagangan dan menghubungkannya ke pasar dunia.

Perusahaan pialang tidak hanya memudahkan calon investor untuk membuka akun perdagangan, mereka juga menempatkan pesanan beli dan jual dan meneruskannya ke pasar.

Baca Juga  Fatwa MUI Tentang Trading Saham

Di era perkembangan teknologi yang semakin cepat, perusahaan pialang terkemuka biasanya mencoba memberikan penawaran dengan banyak fungsi dan kemudahan kepada calon pelanggan.

Berikut adalah 5 hal yang perlu dipertimbangkan ketika calon investor memilih perusahaan pialang mereka:

1. Periksa legalitas

Di Indonesia, pastikan perusahaan tersebut terdaftar dan mendapat persetujuan dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Informasinya dapat dilihat di www.bappebti.go.id. Juga, pastikan Anda terdaftar sebagai anggota juga
Bursa Berjangka Jakarta (BBJ), Bursa Komoditi & Derivatif Indonesia (BKDI), Kliring Berjangka Indonesia (KBI) dan Indonesia Clearing House (ICH).

Baca Juga  Review Phemex Platform Trading Cryptocurrency

2. Miliki akun terpisah

Rekening terpisah adalah rekening khusus yang digunakan untuk menampung dana nasabah untuk memastikan terpisah dari sumber daya operasional perusahaan. Rekening ini terdaftar dan diawasi oleh pihak berwenang dan dengan demikian memberikan kepastian tentang keamanan dana calon investor.

3. Penarikan dana yang mudah

Pastikan perusahaan pialang yang Anda pilih memiliki proses penarikan yang mudah. Secara umum, penarikan tunai saat ini dapat diproses pada hari yang sama.

Baca Juga  Tips Trading Saham untuk Pemula yang Wajib Diketahui

4. Dukungan layanan pelanggan 24 jam

Dengan kepastian dukungan layanan yang baik, maka akan mudah bagi Anda untuk mencari bantuan dan mendapatkan solusi cepat atas masalah.

5. Jangan biarkan iming-iming keuntungan tinggi dan penghasilan tetap menggoda Anda

Waspadalah terhadap mereka yang menjanjikan keuntungan instan. Harus dipahami bahwa, terlepas dari potensi keuntungannya yang tinggi, perdagangan berjangka juga mengandung risiko seperti bentuk investasi lainnya.

Baca Juga  Aplikasi Trading Saham Online Terbaik dan Terpercaya untuk Pemula

Pelajari dan jalankan sendiri transaksinya. Anda harus memahami sepenuhnya semua proses dan mengantisipasi risiko, Anda adalah pengambil keputusan yang lengkap dalam transaksi.

Selain 5 hal di atas, ada hal lain yang perlu diperhatikan calon investor saat memilih perusahaan pialang. Hal lain adalah pengalaman perusahaan tertentu.

Perusahaan yang sudah lama berkecimpung di bidang yang sama biasanya selalu melakukan inovasi dan perubahan yang memudahkan pelanggan. Jangan lupa untuk memilih perusahaan yang menawarkan layanan kemudahan teknologi, karena kemudahan teknologi akan membantu Anda melakukan transaksi dengan lebih mudah.

Baca Juga  Fatwa MUI Tentang Trading Gold (Emas)