Cara Membuat Aplikasi Android Menggunakan Android Studio

Aplikasi Android adalah sebuah perangkat lunak atau software yang digunakan didalam ponsel pintar atau smartphone yang mempunyai berbagai fitur sesuai dengan fungsinya masing-masing aplikasi tersebut yang dijalankan di dalam sistem operasi milik Android.

Setiap smartphone sudah memiliki aplikasi bawaan yang sangat penting yang dibutuhkan sebagai penunjang agar tetap berjalannya smartphone itu sendiri pastinya.

Baca Juga  Keren, Begini Cara Membuat Stiker WhatsApp Tanpa Aplikasi Tambahan

Akan tetapi disini kita akan belajar membuat aplikasi tambahan yang bisa digunakan oleh pengguna ponsel android, yaitu aplikasi yang dibutuhkan lainnya contohnya seperti aplikasi mp3 player, wallpaper, webview dan masih banyak lainnya.

Disini kami akan menunjukkan kepada teman-teman semua tentang cara membuat aplikasi android dengan menggunakan android studio dengan mudah.

Baca Juga  Cara Membuka Cadangan WhatsApp di Google Drive

Pada kali ini sebagai panduan pertama maka kita akan membuat aplikasi yang mudah dulu ya, yaitu aplikasi webview atau aplikasi yang fungsinya untuk menampilkan sebuah website atau bisa juga kita menampilkan beberapa artikel didalamnya.

Dengan menggunakan cara ini maka ketika membuat aplikasi ini kita tidak akan membutuhkan proses yang lama, hanya membutuhkan waktu lima menit saja aplikasi akan siap untuk digunakan atau dipublish.

Baca Juga  Cara Nonton TV di HP Android Tanpa Koneksi Internet

Yaitu dengan cara reskin, sebelumnya kita akan menjelaskan secara singkat apa itu reskin adalah mengubah tampilan dan isi aplikasi. Jadi nantinya kita hanya akan mengedit atau mengubah tampilan dan isi dari aplikasinya saja. Maka sebelum kita melakukan reskin ini kita wajib sudah memiliki source code atau mentahan aplikasi yang nantinya akan kita edit.

Baca Juga  Cara Membuat Whatsapp Terakhir Dilihat Padahal Online

Bagi Anda yang masih pemula ingin bisa membuat aplikasi android dengan menggunakan android studio dan belum tau dari mana source code atau biasa disebut dengan SC itu, Anda bisa membelinya di marketplace atau anda bisa mencari penjual yang ada di facebook atau bahkan bisa mencari SC gratisan yang bisa Anda download dari google.

Baca Juga  Cara Membuat Video Cinematic Menggunakan HP

Setelah mendapatkan SC tersebut, proses yang kedua adalah kita akan mulai untuk me-reskinnya dengan tahapan sebagai berikut sebagai contoh kita akan membuat aplikasi webview.

1. Pastikan Anda sudah mempunyai dan menginstall software Android Studio
2. Siapkan SC didalam folder, misal di D:\SC WEBVIEW
3. Buka Android Studio yang sudah ada di PC/Laptop Anda
4. Klik “Open an Existing Project” kemudian tujukan ke folder tempat menyimpan SC tadi
5. Setelah project terbuka sekarang kita tinggal mengubah nama aplikasi, package name, icon, splash screen, menu dan kontennya
6. Compile menjadi Aplikasi
7. Aplikasi siap dipublish di console google play

Baca Juga  Kenali Sejumlah App untuk Main Saham Terbaik

Nah diatas adalah proses cara membuat aplikasi dengan menggunakan software Android Studio yang sangat mudah untuk Anda praktekkan. Semoga bermanfaat.