Bantuan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Diperpanjang, Cek Disini

Sri Mulyani Indrawati selaku Menteri Keuangan mengatakan subsidi kuota internet menjadi perhatian serius bagi pemerintah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar.

“Kita akan dan sudah rencanakan ini diperpanjang sampai Desember 2021. Saya tadi sampaikan selesai di bulan Mei, kemudian para siswa libur akhir tahun ajaran dan akan mulai lagi Juli nanti,” kata Menkeu pada konferensi pers virtual, Sabtu 17 Juli 2021.

Baca Juga  Begini Caranya Dapetin Kuota Data Internet 30 GB Gratis dari Telkomsel

Mentri Keuangan Sri Mulyani menegaskan, pihaknya bersama Kemendikbud, Ristek, dan Kemenag akan terus berkoordinasi untuk memastikan subsidi kuota ini sampai tepat sasaran.

“Mengapa ada Kementerian Agama karena itu mencakup semua sekolah, sekolah keagamaan, madrasah, dan pondok pesantren. Targetnya 38,1 juta siswa atau tenaga pendidik,” katanya.

Anggaran sebesar 5,54 triliun rupiah telah ditambahkan oleh Menkeu untuk mengcover sampai pada akhir tahun 2021.

Baca Juga  Begini Cara Dapatkan Kuota Internet Gratis Hingga 6 GB dari Telkomsel

Dengan demikian total anggaran untuk subsidi kuota internet kemendikbud menjadi Rp 8,53 triliun.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya yaitu pelajar dan tenaga pengajar di Indonesia telah menggunakan bantuan subsidi kuota internet periode Maret-Mei 2021.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi mendistribusikan kuota Internet kepada siswa dan guru berdasarkan beberapa kategori.

Baca Juga  Begini Cara Mendapatkan Bantuan Kuota Data Internet Gratis Tahun 2021

Siswa PAUD mendapat kuota umum 7 GB, siswa SD dan SMP mendapat kuota 10 GB, pendidik PAUD, SD dan SMP mendapat kuota 12 GB.

Sedangkan dosen dan mahasiswa mendapat kuota sebesar 15 GB.

Kuota yang ditentukan adalah kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses YouTube.

Data verifikasi dan validasi nomor ponsel Kemendikbud hingga November 2020, jumlah siswa yang menerima bantuan subsidi kuota internet telah mencapai 34.085.658 siswa.

Baca Juga  Panduan Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G Sendiri Dirumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *