5 Tips Memilih Produk Affiliate yang Bagus untuk Pemula

Pada kali ini kita akan membahas tentang affiliate marketing nih kita bahas tentang 5 tips memilih produk afiliasi yang bagus untuk pemula.

Nah sebelum lanjut kita bahas dulu tentang affiliate marketing, jadi affiliate marketing itu apa? affiliate marketing adalah salah satu kegiatan digital marketing dimana kita bisa bekerjasama dengan penyedia produk afiliasi. Kita akan membantu memasarkan produk atau servisnya dari vendor tadi kemudian ketika produk yang terjual itu kita bisa mendapatkan komisi. Nah itulah yang dikenal sebagai affiliate marketing.

Baca Juga  6 Tool Affiliate Marketing Keren untuk Meningkatkan Penjualan

Pada kali ini kita akan membahas tentang tips memilih produk affiliate, kenapa? karena kadang masih banyak yang bingung bagaimana sih cara memilih produk afiliasi yang tepat? kan produk banyak nih kita harus promosikan yang mana atau dapat idenya seperti apa? simak tips-tips yang kita bahas berikut ini:

5 Tips Memilih Produk Affiliate yang Bagus untuk Pemula

1. Daftar Dulu di Platform / Penyedia Produk Afiliasi

Agar bisa dapat produk afiliasi adalah Anda harus daftar dulu di platform ataupun penyedia produk afiliasinya. Kalau sekarang itu cukup mudah karena ada banyak sekali platform ataupun website yang menghubungkan antara pemasar afiliasi dengan penyediaan produk. Di Indonesia misalnya ada website Accesstrade kemudian juga program afiliasi itu sudah banyak banget misalkan contoh kayak di Accesstrade itu Anda bisa join dan kemudian akan mendapatkan akses ke berbagai brand ke berbagai perusahaan yang menyediakan produk untuk diafiliasikan.

Baca Juga  5 Cara Jitu Meningkatkan Omset Penjualan di Instagram

Jadi pertama join dulu di platformnya atau kalau misalkan mau yang di luar negeri bisa join di Amazon Affiliate kemudian juga di Clikbank dan banyak lagi. Jadi daftar dulu di platformnya dari situ kita akan dapat akses untuk memasarkan produk afiliasi dan nanti kita tinggal pilih yang mana yang cocok untuk kita.

Baca Juga  7 Fitur Instagram Marketing Terbaik untuk Dongkrak Penjualan

2. Pilih Produk / Jasa yang Relevan dengan Tema Web / Bisnis Kita

Pilihlah produk atau jasa atau apapun yang relevan dengan niche milik Anda. Niche atau tema dari website Anda, dari channel YouTube ataupun dari media-media yang Anda memiliki. Contoh kalau misalkan punya website tentang gaming maka bisa memasarkan produk afiliasi kira-kira masih relevan dengan tema gaming ataupun dengan segmen para gamers tadi.

Baca Juga  Wajib Coba, 7 Tools Instagram Marketing Terbaik

Contohnya apa produknya misalnya bisa voucher game online atau mungkin juga peralatan-peralatan gaming dan banyak lagi. Jadi kita cari produk-produk atau servis yang masih relevan dengan tema website ataupun tema channel YouTube ataupun tema media yang kita miliki.

3. Cari Produk yang Demannya Tinggi / Dibutuhkan Banyak Orang

Tips yang ketiga Anda bisa pilih produk yang demandnya tinggi dalam sebuah bisnis tentu akan lebih menarik kalau kita memasarkan produk atau servis yang permintaan atau demand tinggi. Walaupun mungkin kompetitornya akan banyak tapi salah satu poin utamanya adalah ketika demandnya tinggi artinya kita akan lebih mudah untuk menjual produk tersebut.

Baca Juga  5 Online Class Gratis yang Bisa Anda Manfaatkan Selama Dirumah

Demikian juga dengan produk afiliasi pilihlah produk atau servis yang kira-kira orang banyak meminati atau membutuhkannya misalkan produk yang berkaitan dengan hobi tertentu atau produk-produk yang berkaitan dengan satu bidang tertentu apalagi Anda punya expert disana itu pasti akan lebih paham tentang demand dari produk tersebut. Kalau bisa carilah produk-produk yang best seller atau yang populer dan disitu kita bisa pasarkan produk afiliasi.

Baca Juga  Inilah Daftar Bisnis Online untuk Pemula dengan Modal Minim

4. Pilih Produk dengan Margin yang Tinggi

Kalau bisa Anda pilih produk dengan profit margin yang tinggi, ini nilai plus aja sih karena kalau dalam bisnis semakin tinggi margin profitnya maka potensi profitnya akan semakin besar.

Margin profit itu apa sih? margin profit itu adalah berapa persentase laba yang bisa kita dapatkan dari penjualan.

Baca Juga  Inilah 3 Cara Promosi Affiliate Marketing yang Ampuh dan Efektif

Contoh misalkan seperti ini, ada produk harganya Rp100.000 kalau dalam affiliate marketing komisi yang diberikan misalkan 50% artinya margin profit kotor yang bisa kita dapatkan itu adalah Rp50.000 karena 50% dari Rp100.000 tadi ya.

Nah semakin tinggi margin profit yang kotornya ini maka potensi profitnya bisa semakin besar tentunya beda kalau margin profitnya tipis misalkan cuma 5% contoh harga produk misalnya Rp500.000 walaupun secara nominalnya lebih mahal tapi kalau margin profit hanya 5% margin kotornya 5% mungkin kita hanya dapat sekitar 25 ribu.

Baca Juga  5 Cara Jitu Meningkatkan Omset Penjualan di Instagram

Tentunya sebagian pelaku bisnis merasa cenderung prefer untuk produk dengan margin yang tinggi jadi cek juga berapa komisi yang dihasilkan dan kira-kira berapa margin profit gross margin atau laba kotornya Anda bisa dapatkan dari produk atau service tersebut itu tips dalam memilih produk juga.

5. Pilih Produk dari Vendor yang Terpercaya / Reputasi Bagus

Pilihlah produk dari vendor yang terpercaya atau yang reputasinya bagus jadi didalam satu platform afiliasi ataupun di sebuah marketplace atau dimanapun itu kan banyak banget vendor-vendornya.

Baca Juga  6 Tool Affiliate Marketing Keren untuk Meningkatkan Penjualan

Nah kita bisa pilih yang memang terpercaya atau track recordnya bagus kita bisa lihat reputasinya misalkan kita telusuri dulu profil dari vendor ini kemudian juga kita cek testimoninya dan kita lakukan analisis lebih detail soal bagaimana kualitas produk dan servisnya seperti apa nah kalau itu bagus itu jadi nilai plus untuk kita membeli produknya sebagai produk afiliasi.

Baca Juga  Wajib Coba, 7 Tools Instagram Marketing Terbaik

Itulah 5 tips dalam memilih produk afiliasi untuk pemula dan hanya bisa diterapkan untuk para pemasar afiliasi tapi juga bisa untuk memilih produk untuk Anda yang mau berbisnis online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *