Inilah 3 Cara Promosi Affiliate Marketing yang Ampuh dan Efektif

Apakah Anda mencari cara untuk mempromosikan produk afiliasi? Tenang, pada kali ini Lintas5.com akan membahas cara efektif mempromosikan produk affiliasi. Bagi Anda yang menggeluti affiliate marketing, mari kita lihat cara-cara ampuh untuk mempromosikan produk afiliasi.

Bagi yang belum tahu apa itu affiliate marketing, mari kenalan dulu dengan menyimak ulasan dibawah ini.

Baca Juga  5 Cara Terjitu untuk Mempromosikan Produk Affiliate

Affiliate marketing adalah proses dimana afiliasi mendapatkan komisi untuk pemasaran produk orang lain atau perusahaan. Affiliate hanya mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan mendapatkan sebagian dari keuntungan dari setiap penjualan yang mereka lakukan.

Ada berbagai media yang bisa Anda gunakan untuk mempromosikan produk afiliasi. Misalnya, Anda dapat menggunakan:

1. Website / Blog

Jadi kalau Anda mempunyai website, Anda bisa menggunakannya untuk promosi misalnya dengan cara menampilkan banner promosi produk afiliasinya di website Anda, yang mana nantinya banner itu bisa diklik oleh para pengunjung.

Anda bisa menggunakan banner afiliasi yang sudah disediakan oleh penyedia produk, biasanya mereka sudah menyediakan desain desain banner yang bisa Anda pakai dan pasang di website.

Baca Juga  Wajib Coba, 7 Tools Instagram Marketing Terbaik

Cara untuk mendapatkannya Anda login ke akun situs afiliasi yang Anda pakai kemudian cek ada nggak sih banner promosi yang disediakan oleh penyedia produk tersebut? Nah kalau ada tinggal copy kode bannernya di website milik Anda. Atau jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang desain Anda juga bisa membuat banner sendiri yang lebih menarik dan jangan lupa sertakan link pada gambar saat posting ke website.

Baca Juga  5 Online Class Gratis yang Bisa Anda Manfaatkan Selama Dirumah

Selain menggunakan banner promosi kita juga bisa gunakan artikel atau konten yang ada di website kita, kita bisa buat artikel atau konten di website kita untuk promosi produk afiliasi misalnya seperti artikel tentang kelas online “Cara Gampang Jadi Youtuber”, jenis artikel itu bermacam-macam bisa gunakan artikel penawaran produk, artikel review produk, artikel edukasi dan sebagainya.

Baca Juga  7 Fitur Instagram Marketing Terbaik untuk Dongkrak Penjualan

Jadi Anda bisa membuat halaman penawaran atau posting penawaran di website yang tujuannya adalah untuk mempromosikan produk afiliasi. Nantinya artikel tersebut kalau dioptimalkan dengan baik, bisa mendatangkan trafik dari Google. Jadi Anda bisa dapetin pembeli dari pencarian Google.

2. Media Sosial

Kita bisa promosi dengan cara membuat penawaran di media sosial, Anda bisa memanfaatkan akun-akun media sosial yang Anda punya misalnya membuat penawaran di Instagram story, di posting Instagram, posting di beranda ataupun di grup Facebook, membuat thread di Twitter atau membuat video penawaran di channel YouTube.

Baca Juga  5 Tips Memilih Produk Affiliate yang Bagus untuk Pemula

Intinya media sosial yang Anda punya itu juga bisa dimanfaatkan untuk promosi produk affiliasi. Jadi kita posting dulu atau penawaran produknya di media sosial. Akan tetapi memang di media sosial ini butuh trik khusus atau butuh strategi yang berbeda dibanding kita promosi di website.

Kenapa? karena pada dasarnya media sosial itu untuk interaksi, jadi tidak selalu untuk jualan atau Anda bisa menggunakan cara yang kedua yaitu dengan memasang iklan di media sosial seperti di Instagram, Facebook atau di Twitter dan media sosial lainnya. Cara yang kedua ini sudah terbukti sangat efektif dan powerfull.

Baca Juga  Inilah Daftar Bisnis Online untuk Pemula dengan Modal Minim

3. Email

Kalau Anda mau mencoba yang namanya email marketing contohnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasang sebuah form yang bisa diisi nama dan email pengunjung di website Anda. Contohnya Anda mempunyai website tentang bisnis online, kemudian Anda akan memberikan video tips yang menarik kalau orang-orang mau mengisi form tadi.

Baca Juga  6 Tool Affiliate Marketing Keren untuk Meningkatkan Penjualan

Jika pengunjung sudah mengisi form maka mereka baru akan bisa mendownload video tutorial bisnis online tersebut.

Sampai disini Anda sudah mengumpulkan list email, Anda bisa berpromosi secara rutin ke orang-orang yang tadi sudah terdaftar di dalam list email Anda, jadi email marketing ini sangat menarik dan teman-teman bisa juga gunakan untuk promosi produk afiliasi.

Baca Juga  5 Online Class Gratis yang Bisa Anda Manfaatkan Selama Dirumah

Keunggulan email marketing ini adalah biayanya relatif lebih murah karena kita hanya membutuhkan software untuk email marketing saja, kita beli sekali saja dan bisa kita gunakan secara terus-menerus.

Ketika orang sudah terdaftar di list kita mereka akan menerima email kita dan kita bisa kirimkan konten promosi, konten edukasi ataupun konten-konten yang bermanfaat lainnya. Jadi email marketing ini bisa jadi salah satu aset digital milik Anda, jadi wajib banget nih untuk memanfaatkan email marketing.

Baca Juga  5 Tips Memilih Produk Affiliate yang Bagus untuk Pemula

Pada akhirnya, kunci sukses menjual secara online adalah:

1. Anda memiliki rangkaian produk yang bagus,
2. Anda dapat mendatangkan banyak lalu lintas,
3. Tingkat konversinya bagus.

Fokuskan upaya Anda pada tiga kunci sukses ini. Semoga berhasil.